Sulthon Al Ghifari, Shohibus (2025) Perancangan Riding Safety Shoes Sebagai Upaya Preventif Terhadap Cedera Lower Extremity Dengan Optimalisasi Penggunaan Di Musim Hujan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Shohibus Sulthon Al Ghifari_2025_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Shohibus Sulthon Al Ghifari_2025_Bab I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Shohibus Sulthon Al Ghifari_2025_Bab Penutup.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
Shohibus Sulthon Al Ghifari_2025_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Shohibus Sulthon Al Ghifari_2025_Pernyataan Persetujuan Publikasi.PDF Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
Abstract
Driver ojek online yang berjumlah lebih dari 4 juta menjadi kelompok rentan kecelakaan di tengah tingginya angka pengguna sepeda motor di Indonesia. Cedera lower extremity menjadi salah satu kasus paling dominan akibat penggunaan alas kaki yang tidak memenuhi standar keselamatan berkendara terutama di musim hujan. Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan rancangan produk riding safety shoes yang dapat meminimalisir risiko cedera ekstremitas bawah saat kecelakaan, meminimalisir potensi kecelakaan, serta efektif digunakan saat musim hujan. Perancangan ini menggunakan metode design thinking dengan lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data kebutuhan dan masalah pengguna dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur, lalu dianalisis dengan metode thematic analysis dan divalidasi melalui metode triangulasi. Skala prioritas kebutuhan pengguna diperoleh melalui kuesioner yang dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif analisis frekuensi. Perancangan ini menghasilkan 5 varian desain sepatu yaitu Xp-Striker V1 (OG series), Xp-Overdepth (anti-flood series), Xp-Drainspeed (quick dry series), Xp-Griphatch (easy to use series), dan XP-Deltatex (fabric series). Sepatu tersebut memiliki fitur impact protection di bagian ankle, malleolus lateral dan medial, toe, tarsal dan metatarsal, serta di bagian heel dan tendon achilles. Sepatu dirancang dengan karakter waterproof dan quick dry, easy to use, memiliki outsole yang tebal, secure fit, minimalis, serta memiliki arch atau persneling support agar tetap nyaman digunakan di musim hujan. Hasil uji impact toe cap dan uji ketahanan bocor menunjukkan bahwa prototype belum memenuhi standar mutu. Hal ini dikarenakan material dan konstruksi berbeda dengan produksi akhir dan pengujian bersifat untuk mengetahui indikasi keberhasilan desain dan high failure rate component. Meskipun demikian, hasil uji alternatif SRA sudah memenuhi standar mutu. Rancangan ini diharapkan mampu mengurangi risiko cedera lower extremity, meminimalisir potensi kecelakaan, serta efektif digunakan saat musim hujan saat diproduksi massal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90231#DESAINPRODUK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Driver Ojek Online, Cedera Lower extremity, Riding Safety Shoes, Musim Hujan, PVC Injection Molding | |||||||||
Subjects: | Desain produk | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Program Studi Desain Produk | |||||||||
Depositing User: | Shohibus Sulthon Al Ghifari | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 15:00 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 15:00 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |