Pengembangan Kompetensi Art Handling: Studi Kasus Pelatihan "Art Handling, Displaying & Packing in the Gallery" oleh Helutrans Yogyakarta di Jurusan Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta

Krishna KinaraDewa, Blasius (2025) Pengembangan Kompetensi Art Handling: Studi Kasus Pelatihan "Art Handling, Displaying & Packing in the Gallery" oleh Helutrans Yogyakarta di Jurusan Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta. Skripsi thesis, Intstitut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Blasius Krishna Kinara Dewa_2025_FULL TEXT rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Blasius Krishna Kinara Dewa_2025_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Blasius Krishna Kinara Dewa_2025_BAB IV Penutup.pdf

Download (778kB)
[img] Text
Blasius Krishna Kinara Dewa_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan kompetensi art handling melalui pelatihan profesional yang diselenggarakan oleh Helutrans Yogyakarta di Jurusan Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta. Art handling dipahami sebagai keterampilan teknis dan etis dalam menangani, mengemas dan mendisplay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, dokumentasi kegiatan, dan wawancara semi-terstruktur kepada mahasiswa peserta, mentor Helutrans, serta dosen pengampu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dalam membentuk kompetensi teknis, pengetahuan prosedural, serta etika profesional peserta. Proses pelatihan dirancang secara sistematis melalui simulasi kerja nyata yang menempatkan mahasiswa dalam struktur peran kuratorial, registrasi, dan art handling. Selain itu, pelatihan ini memperlihatkan efektivitas model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dalam konteks pendidikan seni. Namun, pelatihan juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan alat, durasi singkat, dan variasi latar belakang peserta. Temuan ini merekomendasikan integrasi pelatihan art handling ke dalam kurikulum pendidikan seni sebagai bagian dari penguatan link and match antara dunia akademik dan kebutuhan industri seni kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Krishna KinaraDewa, Blasiusnim1810145026
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKholid Arif Rozaq, Muhammadnidn0021057606
ContributorPradita Putra, Trisnanidn0005108608
Department: 90302#TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: art handling, pelatihan seni, pendidikan galeri, experiential learning, kompetensi profesional, Helutrans Yogyakarta
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Tata Kelola Seni
Depositing User: Blasius Krishna Kinara Dewa
Date Deposited: 24 Jun 2025 15:07
Last Modified: 24 Jun 2025 15:07
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20596

Actions (login required)

View Item View Item