Kamiliya Tsaqofah, Nada (2025) Intertekstualitas Dalam Tari Gelang Dadas Suku Dayak Ma'anyan Provinsi Kalimantan Tengah. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Nada Kamiliya Tsaqofah_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Nada Kamiliya Tsaqofah_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Nada Kamiliya Tsaqofah_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
Nada Kamiliya Tsaqofah_2025_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
Abstract
Tari Gelang Dadas merupakan tari kreasi yang berasal dari Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Tarian ini terinspirasi dari Ritual Wadian Dadas lebih tepatnya ritual yang dilaksanakan oleh Suku Dayak Ma’anyan dan Lawangan. Dalam proses penggarapan, tarian ini telah mengalami proses transposisi bentuk, nilai sosial dan menghasilkan makna yang baru. Proses ini menciptakan dialog antara teks hipogram Ritual Wadian Dadas, sistem sosial, kepercayaan, cerita rakyat, bahasa dan filosofi Masyarakat Dayak Ma’anyan. Sehingga tarian ini menarik untuk dikaji keberagaman teks yang terjalin di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori intertekstual Julia Kristeva. Pendekatan intertekstual adalah cara melihat suatu teks sebagai mosaik kutipan dari berbagai teks yang melingkupinya. Pendekatan ini diterapkan untuk melihat suatu tarian secara keseluruhan dari unsur intrinsik, hipogram dan unsur ekstrinsik. Melalui proses pemaknaan dengan konsep yang meliputi transposisi, transformasi dan oposisi, serta analisis suprasegmental dan analisis intertekstual. Penggunaan pendekatan ini diharapkan dapat membantu menganalisis intertekstualitas dalam Tari Gelang Dadas. Hasil analisis intertekstualitas menunjukkan bahwa dalam tarian ini terdapat jalinan teks yang saling berdialog dan membentuk makna baru. Teks-teks tersebut merupakan hipogram Ritual Wadian Dadas, nilai sosial, kepercayaan, cerita rakyat, bahasa dan filosofi Masyarakat Dayak Ma’anyan yang berinteraksi dengan teks Tari Gelang Dadas. Seperti pada proses transposisi bentuk dan makna pada Ritual Wadian Dadas menjadi Tari Gelang Dadas, proses transposisi pada peran Wadian Dadas yang direpresentasikan penari dalam Tari Gelang Dadas dan proses transformasi pada politik tubuh Wadian Dadas Upu yang juga memiliki peran sebagai koreografer Tari Gelang. Proses ini menghasilkan ideologeme bahwa tari ini menjadi cerminan semangat seniman lokal di Provinsi Kalimantan Tengah dalam melestarikan dan mempertahankan identitas budaya mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Intertekstual, Tari Gelang Dadas, Ritual Wadian Dadas, Suku Dayak Ma’anyan | |||||||||
Subjects: | Tari > Pengkajian Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian) | |||||||||
Depositing User: | Nada Kamiliya Tsaqofah | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:52 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:53 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |