Imam Fauzan, Bayu (2025) "Blue On String” Sebuah Karya Musik Berdasarkan Eksplorasi Teknik Blue Note Untuk String Quartet. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
BAYU IMAM FAUZAN_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAYU IMAM FAUZAN_2025-BAB I .pdf Download (1MB) |
![]() |
Slideshow
BAYU IMAM FAUZAN_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAYU IMAM FAUZAN_2025_BAB PENUTUP .pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
Bayu Imam Fauzan_2025_Surat Peryataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
Abstract
Karya musik Blue on String merupakan hasil eksplorasi penerapan teknik blue note dalam format kuartet gesek. Gagasan penciptaan ini lahir dari ketertarikan penulis terhadap idiom-idiom musik blues dan upaya untuk menggabungkannya dalam kerangka musik klasik. Salah satu elemen utama yang digunakan adalah blue note, yaitu nada yang sedikit menyimpang dari tangga nada standar. Penyimpangan ini dikenal sebagai mikrotonal. Tujuan dari penciptaan ini adalah menerapkan bentuk tema dan variasi sebagai dasar pembentukan struktur komposisi serta menghadirkan idiom blue note pada instrument gesek. Penciptaan ini juga mengadaptasi unsur improvisasi dari musik blues ke dalam bentuk komposisi tertulis. Metode penciptaan yang digunakan adalah pendekatan practice-led research, yaitu metode yang menempatkan proses kreatif sebagai pusat penggalian pengetahuan. Proses ini dilakukan melalui tiga tahap utama: eksplorasi, eksperimentasi, dan pembentukan karya. Tahap eksplorasi dilakukan dengan menganalisis karakteristik blue note dan cara penerapannya. Eksperimentasi meliputi uji coba teknik permainan dan improvisasi. Tahap akhir adalah penyusunan struktur komposisi yang terdiri dari dua tema utama, beberapa variasi, dan bagian melodi hasil transkripsi improvisasi. Hasil dari proses ini menunjukkan bahwa teknik blue note dapat diterapkan secara efektif dalam format kuartet gesek, memberikan warna ekspresi yang khas tanpa kehilangan identitas musikal dari masing-masing instrumen. Karya ini diharapkan memberikan contoh konkret penerapan idiom musik blues ke dalam musik klasik terutama pada format string quartet. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengembangan dan eksplorasi lebih lanjut dalam integrasi unsur-unsur musik blues ke dalam komposisi musik klasik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PENCIPTAAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | blue note, string quartet, tema dan variasi, improvisasi | |||||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Bayu Imam Fauzan | |||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:35 | |||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:35 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |