Haegar Aldito Krisna Murti, Willibrordus (2025) Analisis Desain Visual Dalam Game “A Space For The Unbound” Sebagai Representasi Budaya Indonesia Tahun 90-an. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Willibrordus Haegar Aldito Krisna Murti_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Willibrordus Haegar Aldito Krisna Murti_2025_BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Willibrordus Haegar Aldito Krisna Murti_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Willibrordus Haegar Aldito Krisna Murti_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (446kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana desain visual dalam game A Space for the Unbound merepresentasikan budaya Indonesia pada era 1990-an. Game ini dikembangkan oleh Mojiken Studio dan dirancang dengan gaya pixel art yang mencolok, menghadirkan beragam elemen visual khas seperti warung, angkot, pos ronda, dan pasar malam. Penelitian ini berfokus pada bagaimana elemen-elemen visual seperti lingkungan, karakter, objek, dan antarmuka digunakan untuk menyampaikan nuansa budaya serta bagaimana elemen tersebut dapat dimaknai oleh pemain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode analisis visual berdasarkan teori representasi Stuart Hall dan kritik seni Edmund Burke Feldman. Data dikumpulkan melalui dokumentasi tangkapan layar in-game serta referensi visual dari artbook resmi, kemudian dianalisis secara bertahap: mulai dari deskripsi, analisis formal, interpretasi visual, hingga evaluasi simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game ini berhasil merepresentasikan identitas budaya Indonesia melalui stilisasi visual yang imersif dan kontekstual, serta memunculkan memori kolektif era 90-an di mata pemain lokal. Elemen visual berfungsi tidak hanya sebagai estetika hiburan, tetapi juga sebagai medium komunikasi budaya yang efektif. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan studi visual interaktif dan menawarkan pendekatan analitis dalam melihat game sebagai artefak budaya digital yang bernilai edukatif dan historis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Desain Visual, Representasi Budaya, Pixel Art, Game Indonesia, A Space for the Unbound | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Willibrordus Haegar Aldito Krisna Murti | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:55 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:55 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |