Tang, Yakob Yohanes (2025) "Time in Life" Karya Tema Variasi Berbasis Negative Harmony. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Yakob Yohanes Tang_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Yakob Yohanes Tang_2025_BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Yakob Yohanes Tang_2025_BAB PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Yakob Yohanes Tang_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Yakob Yohanes Tang_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
![]() |
Audio
view_usp=sharing Download (101kB) |
Abstract
Karya tulis ini membahas eksplorasi teknik Negative Harmony dalam konteks gaya musik Tema Variasi. Tema Variasi merupakan salah satu bentuk komposisi penting dalam sejarah musik Barat. Meskipun demikian namun berbagai kritik telah muncul terkait keterbatasan gaya musik ini. Di sisi lain, Negative Harmony merupakan sebuah pendekatan alternatif dalam struktur harmoni yang diperkenalkan oleh Ernst Levy dan dipopulerkan oleh Jacob Collier menawarkan sudut pandang baru dalam membentuk harmoni melalui prinsip refleksi simetris. Penulis mencoba menggabungkan dua pendekatan ini dengan menciptakan sebuah komposisi yang berjudul: “Time in Life”, yang disusun dalam format musik piano quintet. Komposisi ini memanfaatkan teknik Negative Harmony sebagai dasar dalam mengembangkan variasi tema, dengan tujuan menciptakan nuansa dan warna harmoni baru dalam gaya Tema Variasi. Proses penciptaan diawali dengan inventarisasi material musikal berupa progresi akord dan melodi sebagai kerangka tema. Pemilihan materi dilakukan berdasarkan kesadaran interpretatif dan preferensi estetis penulis terhadap nuansa harmoni yang stabil, terang, serta emosional. Pendekatan Negative Harmony diaplikasikan dengan dua metode pengkutuban, yaitu pengkutuban penuh dan pengkutuban parsial, yang masing-masing menghasilkan transformasi harmonik dan melodik dengan nuansa kontras, dramatik, dan gelap. Keduanya digunakan sebagai alat konseptual untuk menciptakan sembilan variasi tematik, dengan kombinasi pengkutuban terhadap harmoni dan/atau melodi. Tahap akhir dari proses penciptaan dilakukan melalui penulisan notasi musik menggunakan aplikasi Sibelius, dilanjutkan dengan pengembangan tekstur, dinamika, dan interaksi instrumen untuk memperkuat ekspresi musikal dari karya. Skripsi ini menunjukkan bahwa pendekatan Negative Harmony tidak hanya memperkaya eksplorasi harmoni dalam komposisi, tetapi juga membuka ruang interpretasi estetis yang lebih luas terhadap bentuk tema dan variasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PENCIPTAAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komposisi musik, tema dan variasi, negative harmony, penciptaan karya | |||||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Yakob Yohanes Tang | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2025 01:20 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2025 01:20 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |