Strategi Visual Iklan Rokok Gudang Garam Periode Waktu 1980-2013

Duan Maharani, Elynda (2025) Strategi Visual Iklan Rokok Gudang Garam Periode Waktu 1980-2013. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Elynda Duan Maharani_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Elynda Duan Maharani_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Elynda Duan Maharani_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Elynda Duan Maharani_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Strategi visual sebagai suatu cara bagi desainer untuk menciptakan iklan produk rokok dari tahun sebelum banyaknya regulasi pemerintah yang membatasinya diberlakukan melatarbelakangi penulisan penelitian ini. Rumusan masalah yang diangkat yaitu bagaimana strategi visual iklan rokok Gudang Garam yang terbit pada tahun 1980-2013. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi visual iklan rokok Gudang Garam dalam rentang waktu 1980-2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori strategi visual Andry Masri untuk memahami bagaimana strategi visual yang digunakan pada sampel iklan rokok Gudang Garam dalam penelitian ini dan teori interpretasi komposisi Gillian Rose juga teori semiotika Ferdinand de Saussure sebagai teori penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan-iklan rokok yang dikaji dalam penelitian ini menggunakan strategi visual dengan komposisi memusat dan polarisasi dengan hampir semua sampel iklan menggunakan penanda visual berupa pria merokok. Novelties pada penelitian ini merupakan hasil temuan terkait strategi visual yang digunakan oleh 3 merek rokok dari perusahaan PT. Gudang Garam Tbk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Duan Maharani, Elyndanim2012705024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWidyo Harsanto, Prayantonidn0011026307
ContributorIndrayana, Andikanidn0013118201
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Strategi Visual, Iklan ROkok, Gudang Garam
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Elynda Duan Maharani
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:21
Last Modified: 30 Jun 2025 03:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21251

Actions (login required)

View Item View Item