Perancangan Board Game sebagai Media Pendukung Modul Advokasi Label Pangan Standarisasi Health Heroes

Febriyanti, Khoirunnisa (2025) Perancangan Board Game sebagai Media Pendukung Modul Advokasi Label Pangan Standarisasi Health Heroes. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Khoirunnisa Febriyanti_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Khoirunnisa Febriyanti_2025_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Khoirunnisa Febriyanti_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Khoirunnisa Febriyanti_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Khoirunnisa Febriyanti _2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Remaja saat ini cenderung memilih makanan berdasarkan rasa, harga, dan tren tanpa mempertimbangkan kandungan gizi. Rendahnya kesadaran membaca label pangan menjadi salah satu faktor risiko dalam pengambilan keputusan konsumsi yang tidak sehat. Health Heroes sebagai komunitas advokasi gizi remaja hadir dengan berbagai program edukatif, namun media yang digunakan masih perlu pembaruan agar lebih menarik bagi remaja. Perancangan board game Cart of Calories dilakukan sebagai media pendukung modul dalam menunjang kegiatan advokasi Health Heroes dengan mengangkat konsep simulasi belanja dan penyusunan menu sehat berdasarkan label pangan. Board game ini menggunakan mekanisme strategi yang mendorong pemain untuk berpikir kritis, memahami informasi gizi, dan mengambil keputusan berdasarkan kebutuhan karakter. Metode perancangan menggunakan pendekatan Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, kuesioner, dan wawancara dengan pihak Health Heroes. Produk akhir berupa board game beserta komponen seperti kartu produk, karakter, tantangan, kesempatan, rulebook, serta media pendukung lainnya. Hasil uji coba menunjukkan bahwa permainan ini mudah dipahami, disukai secara visual, dan mampu meningkatkan kesadaran remaja terhadap pentingnya membaca label pangan. Meski demikian, playtest masih terbatas pada persepsi dan keterlibatan, belum pada perubahan perilaku secara langsung. Board game ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang interaktif dan menyenangkan dalam konteks edukasi gizi remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Febriyanti, Khoirunnisanim2012651024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBajraghosa, Terranidn0012048103
ContributorBangsa, P. Gogornidn0006017002
Department: KODEPRODI902411#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: board game, label pangan, edukasi gizi, remaja, Health Heroes.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Khoirunnisa Febriyanti
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:14
Last Modified: 30 Jun 2025 02:14
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21261

Actions (login required)

View Item View Item