Strategi Gamifikasi Dalam Memengaruhi Kebiasaan Pengguna: Studi Pada Desain Ui/Ux Streaks Tiktok

Victoria Tisar Ayuratri, Kezia (2025) Strategi Gamifikasi Dalam Memengaruhi Kebiasaan Pengguna: Studi Pada Desain Ui/Ux Streaks Tiktok. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Kezia Victoria Tisar Ayuratri_2025_BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kezia Victoria Tisar Ayuratri_2025_LAMPIRAN.pdf

Download (629kB)
[img] Text
Kezia Victoria Tisar Ayuratri_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
Kezia Victoria Tisar Ayuratri_2025_FULL TEKS FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text
Kezia Victoria Tisar Ayuratri_2025_BAB I.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana peran desain antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX) serta strategi gamifikasi membentuk kebiasaan pengguna, dengan fokus pada studi kasus fitur Streaks TikTok. Fitur ini mulai diperkenalkan secara bertahap pada tahun 2024 sebagai bentuk inovasi penerapan elemen gamifikasi pada platform media sosial. Melalui penggunaan desain visual yang menarik perhatian, seperti ikon, karakter virtual bernama Streak Pet, notifikasi, hingga animasi mikro, fitur ini mendorong terbentuknya perilaku harian yang berulang pada pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi langsung terhadap fitur, wawancara, serta dokumentasi data dari pengguna aktif Streaks TikTok berusia 17–26 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain visual Streaks memanfaatkan prinsip-prinsip teori UI untuk menarik atensi awal. Sementara itu, pengalaman pengguna (UX) yang tercipta mendukung keterikatan emosional serta membangun konsistensi perilaku. Analisis UX dibagi menjadi dua tahapan: tahap pemicu awal, ketika UI berperan besar dalam menarik perhatian, dan tahap keterikatan lanjut, ketika UX menjadi faktor utama dalam membentuk keterikatan emosional di antara pengguna. Temuan ini mendukung hipotesis peneliti bahwa TikTok berhasil mengidentifikasi serta menguatkan kebiasaan digital alami pengguna, menjadi pola keterlibatan yang lebih terarah melalui strategi gamifikasi pada fitur Streaks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Victoria Tisar Ayuratri, Kezianim2112789024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBangsa, Petrusnidn0006017002
ContributorHaryanto, Andinidn0025118007
Department: KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: UI, UX, gamifikasi, kebiasaan pengguna, Streaks TikTok
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Kezia Victoria Tisar Ayuratri
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:38
Last Modified: 30 Jun 2025 08:38
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21297

Actions (login required)

View Item View Item