Magdalena, Agustina (2025) Peran Aktor Dalam Pengelolaan Dan Motivasi Pegiat Seni Solo Art Market (Sam). Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Agustina Magdalena_2025_Full Tekss.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB I_Agustina Magdalena_2025.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text
Agustina Magdalena_2025_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V_Agustina Magdalena_2025.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
Agustina Magdalena_2025_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (451kB) |
Abstract
Kegiatan pasar seni (art market event) atau di dunia internasional dikenal dengan “art fair and festival” dapat mengubah ruang publik sebagai ruang potensial yaitu tempat bertemunya pegiat seni dan peminat karya seni, yang tidak hanya mengutamakan kegiatan jual beli karya seni saja, namun sebagai ruang kreativitas dan interaksi bagi pegiat seni maupun pengunjung event. Pengelolaan kegiatan pasar seni selain membutuhkan pengelolaan yang baik juga membutuhkan modal sosial yang kuat untuk bertahan dalam jangka panjang. Salah satu kegiatan pasar seni yang mampu bertahan cukup lama di Indonesia adalah Solo Art Market (SAM) yang dikelola langsung oleh pemimpin yang merupakan aktor penggagas SAM. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran-peran aktor dalam pengelolaan SAM dan motivasi para pegiat seni yang tergabung, sehingga dapat membuat SAM konsisten bertahan dalam jangka panjang sebagai sebuah event berbentuk pasar seni. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan bentuk pembahasan berupa teks-teks naratif dan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggabungkan antara hasil wawancara, survei, dan observasi. Teori yang digunakan antara lain manajemen event, perpaduan teori peran (Role Theory) dan pendekatan berorientasi aktor (Actor-Oriented Theory), serta teori tentang motivasi yang bersumber dari hierarki kebutuhan Maslow. Hasil dan pembahasan memperlihatkan adanya kombinasi yang baik antara peran aktor dalam pengelolaan dan pengembangan SAM dengan motivasi kuat dari para pegiat seni yang tergabung sebagai modal sosial, sehingga mampu membuat SAM menjadi event pasar seni yang berkelanjutan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada aktor-aktor (aktor utama dan pendukung) yang berperan dalam pengelolaan dan pengembangan Solo Art Market (SAM) hingga dapat bertahan jangka panjang. Peran para aktor juga ikut mendukung motivasi pegiat seni (motivasi intrinsik dan ekstrinsik) dalam berkreativitas dan berinteraksi di SAM.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91102#TATA KELOLA SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pasar seni, Peran aktor, Manajemen event, Motivasi, Pegiat seni | ||||||
Subjects: | Tata kelola seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni | ||||||
Depositing User: | Agustina Magdalena | ||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:53 | ||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:59 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |