Octaviasari, Octaviasari (2025) Pengaruh Variasi Huruf Arial Terhadap Keterbacaan Buku Pelajaran Bagi Pembaca Dengan Disleksia. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Octaviasari_2025_Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Octaviasari_2025_BAB I Pendahuluan.pdf Download (870kB) |
![]() |
Text
Octaviasari_2025_BAB V Penutup.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
Octaviasari_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi huruf Arial terhadap keterbacaan buku pelajaran bagi pembaca anak dengan disleksia usia 7–9 tahun. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini berfokus pada rendahnya keterbacaan teks pelajaran bagi anak-anak disleksia akibat kurangnya perhatian terhadap aspek tipografi, khususnya bentuk dan variasi huruf yang digunakan dalam media pembelajaran. Dengan memperhatikan kebutuhan visual khusus pada anak disleksia, diharapkan temuan ini dapat membantu meningkatkan kualitas penyampaian informasi melalui buku pelajaran. Penelitian ini mengacu pada teori keterbacaan (readability) dan teori persepsi visual, terutama yang berkaitan dengan tipografi dan disleksia. Teori keterbacaan menekankan pentingnya pemilihan huruf, ukuran, jarak antar huruf, dan spasi antar baris dalam meningkatkan efisiensi pembacaan. Teori persepsi visual digunakan untuk memahami bagaimana individu dengan disleksia memproses informasi visual yang berbeda dari pembaca tipikal, terutama dalam konteks membaca teks tertulis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Subjek penelitian adalah anak-anak dengan disleksia kelas 1–3 sekolah dasar yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan berupa teks bacaan dalam variasi huruf Arial (ukuran, kerning, dan leading) serta lembar observasi keterbacaan dan soal pemahaman. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dan uji beda untuk mengetahui pengaruh signifikan antar variasi tipografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi huruf Arial dengan ukuran lebih besar, jarak antar huruf yang sedikit renggang, dan spasi antar baris yang cukup lebar memberikan dampak positif terhadap keterbacaan teks. Anak-anak disleksia menunjukkan peningkatan kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan. Kesimpulannya, penyesuaian tipografi khususnya huruf Arial dapat meningkatkan efektivitas media pembelajaran bagi anak dengan disleksia.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91001#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Disleksia, keterbacaan, tipografi, huruf Arial, buku pelajaran | ||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | OCTAVIASARI OCTAVIASARI | ||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:28 | ||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:48 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |