Taktik Promotor Mendatangkan Artis Rock Internasional: Studi Kasus Jogjarockarta Festival

Anang Susetyoko, Dimas (2025) Taktik Promotor Mendatangkan Artis Rock Internasional: Studi Kasus Jogjarockarta Festival. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
DIMAS ANANG SUSETYOKO_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DIMAS ANANG SUSETYOKO_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (477kB)
[img] Text
DIMAS ANANG SUSETYOKO_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DIMAS ANANG SUSETYOKO_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DIMAS ANANG SUSETYOKO_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Industri musik Indonesia menghadapi tantangan signifikan dalam menegosiasikan kontrak dengan band rock internasional untuk berpartisipasi dalam festival musik lokal. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kompleksitas negosiasi dan perbedaan budaya dalam menjembatani kepentingan promotor lokal dengan artis internasional. Pertanyaan penelitian berfokus pada bagaimana taktik-taktik yang dimiliki oleh promotor festival music untuk menghadirkan artis rock internasional. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi dan menganalisis dinamika dan mengungkap praktik terbaik dalam manajemen acara musik internasional. Sasaran penelitian meliputi tim negosiator perusahaan dan pemangku kepentingan festival. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, deskriptif melibatkan wawancara mendalam dengan para narasumber kunci, termasuk pihak manajemen dan para pemangku kepentingan lainnya, untuk menggali informasi terkait taktik komunikasi, pengambilan keputusan, serta manajemen risiko yang diterapkan. Selain itu, penelitian ini juga mencakup analisis dokumen sebagai upaya mendukung dan memperkuat data yang diperoleh dari wawancara. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengkaji berbagai aspek dari perspektif yang holistik dan kontekstual. Taktik promotor mendatangkan artis rock internasional memerlukan kombinasi antara pemahaman pasar global, keterampilan negosiasi lintas budaya, serta kemampuan untuk menawarkan pengalaman unik bagi artis. Taktik yang diimplementasikan oleh Rajawali Indonesia Communication dapat dijadikan model bagi promotor musik Indonesia dalam meningkatkan daya saing di industri musik global.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Anang Susetyoko, Dimasnim2220235420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKholid Arif Rozaq, Muhammadnidn0021057606
Department: KODEPRODI91102#S2TATAKELOLASENI
Uncontrolled Keywords: Taktik Promotor, Managemen Event, Festival Musik Internasional, Artis Rock Internasional, Rajawali Indonesia Communication
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Dimas Anang Susetyoko
Date Deposited: 18 Jul 2025 01:14
Last Modified: 18 Jul 2025 07:46
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21601

Actions (login required)

View Item View Item