Kain Perca Di Piyungan Sebagai Inspirasi Penciptaan Lukisan

Sixcio Kresonia, Stevan (2025) Kain Perca Di Piyungan Sebagai Inspirasi Penciptaan Lukisan. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Stevan sixcio Kresonia_2025_FULL TEKSS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Stevan Sixcio Kresonia_2025_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Stevan Sixcio Kresonia_2025_Penutup.pdf

Download (587kB)
[img] Text
Stevan Sixcio Kresonia_2025_LAMPIRAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
Stevan Sixcio Kresonia_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN -PUBLIKASI.pdf

Download (227kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Kain Perca di Piyungan sebagai inspirasi penciptaan lukisan. Tugas Akhir ini mengeksplorasi pemanfaatan kain perca sebagai bahan baku kreatif dalam seni lukis, dengan penekanan pada limbah kain sisa yang sering dianggap tidak berguna. Melalui pendekatan eksperimental, karya ini terinspirasi oleh lingkungan Piyungan dan pengaruh seniman terdahulu, bertujuan untuk merefleksikan dampak perubahan sosial dan limbah tekstil. Kain perca tidak hanya diolah menjadi karya seni, tetapi juga sebagai medium bagi ekspresi artistik yang melampaui batasan konvensional, mendorong dialog mengenai praktik seni rupa masa kini. Tujuan penciptaan karya ini adalah untuk mengekpresikan dorongan batin kreatifitas dalam kaitannya berupaya menciptakan barang temuan, dan barang bekas tidak berguna dan tidak bernilai menjadi sebuah karya seni rupa kontemporer. Dengan melakukan eksplorasi medium dan teknik yang relevan dalam penciptaan karya seni rupa kontemporer kain perca di piyungan sebagai inspirasi penciptaan lukisan. Penelitian ini menggunakan metode riset atau penelitian dalam penciptaan seni lukis adalah Artistic Research Mika Hannula, Juha Suoranta & Tere Veden Mace & Ward's.Karya seni lukis dan seni instalasi dengan media kain perca, mengajak untuk merefleksikan kembali pemikiran Duchamp tentang seni rupa murni. Dengan menggabungkan berbagai material dan ide provokatif, seniman mencoba menguji norma praktik seni rupa yang telah mapan saat ini. Karya ini terinspirasi oleh seniman terdahulu seperti Anselm Kiefer, Marcel Duchamp, dan Laksmi Shitaresmi, mengeksplorasi persamaan dan perbedaan dalam pendekatan artistik mereka. Tulisan ini membahas pemanfaatan limbah dan barang-barang tak terpakai lainnya sebagai titik tolak untuk mengeksplorasi aspek-aspek formal dalam praktik seni rupa kontemporer. Karya-karya yang tercipta tersebut menghadirkan dialog antarelemen yang berbeda, mengekspresikan keprihatinan, dan membangkitkan kesadaran akan kompleksitas jaringan manusia. Ditutup dengan kehadiran idiom atau bentuk visual yang ganjil dan spontan. Penemuan material dan medium menjadi dorongan untuk terus mempertanyakan praktik artistik penulis, baik secara epistemologis maupun ontologis, dalam penciptaan seni rupa kontemporer. Prinsip 'di dalam dan melalui' atau In and through dalam setiap tahapan proses kreatif penciptaan karya seni, penulis membebaskan, membuka imajinasi melampaui batas-batas institusional dunia seni yang melampaui gelembung wacana dunia seni kontemporer.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sixcio Kresonia, Stevannim2121363411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorAgus, Burhannidn0008046003
Department: KODEPRODI91001#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI
Uncontrolled Keywords: kain perca, seni lukis kain perca,sampah,piyungan
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Stevan Sixcio Kresonia
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:13
Last Modified: 21 Jul 2025 01:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21614

Actions (login required)

View Item View Item