Biopolitik Visual: Estetika Foto Selfie Pekerja Fmcg (Fast Moving Consumer Goods) Sebagai Regulasi Identitas Diri

Sarwo Nugroho, Aris (2025) Biopolitik Visual: Estetika Foto Selfie Pekerja Fmcg (Fast Moving Consumer Goods) Sebagai Regulasi Identitas Diri. Doctoral thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Aris Sarwo Nugroho_2025_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aris Sarwo Nugroho_2025_BAB V Penutup.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aris Sarwo Nugroho_2025_Full Teks1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Image
Aris Sarwo Nugroho_2025_Surat Persetujuan Publikasi.jpeg
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena foto Selfie di kalangan pekerja sektor barang konsumsi cepat habis (Fast-Moving Consumer Goods / FMCG), dengan penekanan pada fungsi Selfie sebagai medium untuk merepresentasikan identitas diri serta sebagai instrumen kontrol dalam konteks dunia kerja yang semakin terdigitalisasi. Penggabungkan berbagai kerangka teoretis, termasuk biopolitik visual, semiotika, dan estetika sehari-hari. Tujuannya adalah untuk menganalisis foto Selfie sebagai media visual yang berfungsi lebih dari sekadar ekspresi pribadi. Foto Selfie di tempat kerja dipahami sebagai regulasi terhadap norma sosial dan budaya perusahaan, yang menciptakan citra profesional dan mengatur performa, loyalitas, serta produktivitas para pekerja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis Visual Discourse Analysis (VDA) dan interpretasi naratif. Penelitian menemukan bahwa foto Selfie tidak hanya berfungsi sebagai representasi visual diri pekerja, tetapi juga sebagai alat kontrol dalam dunia kerja. Melalui foto Selfie, perusahaan dapat mengatur dan memantau aktivitas pekerja, memperkuat loyalitas terhadap perusahaan, dan menciptakan pengawasan visual yang bersifat internal. Demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa foto Selfie pekerja sektor FMCG berfungsi sebagai medium biopolitik visual dalam membentuk dan meregulasi identitas diri. Selfie tidak hanya merepresentasikan ekspresi personal, tetapi juga mencerminkan norma-norma visual diinternalisasi dan selaras dengan budaya kerja digital. Dalam konteks, pekerja FMCG menjadi subjek sekaligus agen dalam praktik kontrol sosial melalui estetika visual yang menekankan performativitas, visibilitas, dan produktivitas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sarwo Nugroho, Arisnim1830128512
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSoedjono, Soepraptonidn0028024904
ContributorWidyo Harsanto, Prayantonidn0011026307
Department: KODEPRODI91001#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: Foto Selfie, biopolitik visual, governmentality, estetika sehari-hari, Fast Moving Consumer Goods (FMCG).
Subjects: Fotografi
Fotografi > fotografi ekspresi
Fotografi > fotografi komersial
Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S3 Penciptaan dan Pengkajian seni
Depositing User: Aris Sarwo Nugroho
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:38
Last Modified: 05 Aug 2025 04:38
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21644

Actions (login required)

View Item View Item