Penerapan Ritme Sinematik Untuk Mendukung Character Arc Dalam Penyutradaraan Film Pendek Berjudul “Di Bawah Pohon Rindang”

Pramudya, Yoshua (2023) Penerapan Ritme Sinematik Untuk Mendukung Character Arc Dalam Penyutradaraan Film Pendek Berjudul “Di Bawah Pohon Rindang”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
YOSHUA PRAMUDYA_2023_Full Teks1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
YOSHUA PRAMUDYA_2023_BAB I Pendahuluan1.pdf

Download (441kB)
[img] Text
YOSHUA PRAMUDYA_2023_BAB VI Penutup1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
FORM PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI _YOSHUA PRAMUDYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Image
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGGUgZShlMA8=&rs=AOn4CLBVyxnJZqCo4h0rOgi49NkKwBz3wg

Download (52kB)
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=E2S5Nvu2c-U

Abstract

Bagian terpenting dalam penyutradaraan film pendek adalah menyampaikan emosi di dalam cerita sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Film “Di Bawah Pohon Rindang” adalah kisah seorang pemangkas rambut bawah pohon yang digusur tempat kerjanya sehingga ia harus beradaptasi dengan keadaan sekitar. Tokoh utama yang berkonflik dengan dirinya sendiri karena ingin mempertahankan keinginannya perlu divisualkan dengan baik. Ide penciptaan dengan memanfaatkan ritme sinematik untuk mendukung Character Arc berawal dari upaya menyusun unsur-unsur yang terdapat dalam ritme sinematik melalui mise en-scene, Editing dan tata suara demi memperjelas kondisi ketika Character Arc pada tokoh utama terjadi. Character Arc melibatkan ritme, untuk itu penampilan dari pemain sangat penting karena dengan gerakan pemain dari cepat ke lambat atau sebaliknya dapat menunjukan Character Arc pada tokoh utama dari titik satu ke titik selanjutnya, begitu pula durasi shot yang semakin pendek atau semakin panjang akan memberikan penekanan pada Character Arc sehingga dapat dirasakan langsung oleh penonton. Penerapan ritme cepat dan lambat pada pergerakan pemain, pergerakan kamera, Editing dan juga tata suara ini sangat penting karena di ritme sinematik adalah suatu kesatuan yang dari elemen-elemen tersebut yang tidak dapat berdiri sendiri untuk dapat mendukung sebuah perubahan karakter dalam Character Arc.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Pramudya, Yoshuanim1710869032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKustanto, Liliknidn0013037405
ContributorNur Patrio, Andrinidn0029057506
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: Ritme sinematik, Penyutradaraan, Character Arc.
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: YOSHUA PRAMUDYA
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:01
Last Modified: 20 Aug 2025 04:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21680

Actions (login required)

View Item View Item