Respon Masyarakat Terhadap Penggunaan Rumah Sebagai Media Iklan Luar Ruang Rokok "Djarum 76" Di Daerah Kediri Dan Nganjuk-Jawa Timur

Santoso, Iman (2007) Respon Masyarakat Terhadap Penggunaan Rumah Sebagai Media Iklan Luar Ruang Rokok "Djarum 76" Di Daerah Kediri Dan Nganjuk-Jawa Timur. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Seiring semakin banyaknya media iklan luar ruang membuat suatu pesan lidak lagi mudah ditancapkan ke dalam benak khalayak. Kebutuhan akan media yang unik, inovati f, kreatif, dan fun gsional tampaknya semakin menjadi tuntutan bagi pengiklan guna berkompetisi merebul tempat di benak khalayak. Kreativitas tidak hanya ditekankan pada materi pesan iklan tersebut, namun juga mengarah pada bentuk "kemasannya", sehingga akan menjadi sebuah kesatuan yang menarik dalam wuj ud media komun ikasi visual. PT. Djarum sebagai produsen rokok papan atas di Indonesia juga senantiasa mencoba melakukan terobosan-terobosan dalam mempromosikan produknya di tengah masyarakat. Di daerah Jawa Timur, Djarum memilih bangunan warung sebagai sa lah satu media beriklan dalam mengantarkan brand da ri sa lah satu varian produk mereka ya itu Djarum 76. Jika dibandingkan dengan spanduk, baliho, dan poster maka kehad iran "wanlllg 76" tersebut lebih mempunyai keunikan dan mampu menyita perhatian. Fenomena iklan pada bangunan arsitektur yang mel ibatkan lahan pribadi warga dan berada di tengah lingkungan kemudian tentu berdampak pada masyarakat di sekitarnya, baik dampak positif maupun negatif. Atas dasar itul ah kemudian peneiitian ini dilakukan untuk melihat dan mencatat sejauh mana respon masyarakat terhadap kehadiran media iklan rokok Djarum 76 tersebut ditengah-tengah lingkungan mereka. Disamping itu da lam pene litian ini penelili mencoba mengungkap apa yang melalarbelakangi PT. Djarum hingga akhirnya VIII memuluskan untuk memi li h bangunan warung sebagai media iklan luar ruang di daerah Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Santoso, Imannim0011181023
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorLasiman, Lasimannip131773135
ContributorWidowati, Heningtyasnip132300031
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Respon Masyarakat, TRumah Sebagai Media Iklan Luar Ruang, Rokok "Djarum 76", Kediri, Nganjuk
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 26 Aug 2025 08:17
Last Modified: 26 Aug 2025 08:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21764

Actions (login required)

View Item View Item