Handriyotopo, Handriyotopo (2007) Iklan televisi produk rokok GG: kajian semiotika terhadap iklan tematik rokok GG versi ramadhan dan lebaran tahun 2006. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (57MB) | Request a copy |
Abstract
Wacana disain komunikasi visual dalam konstruksi iklan televisi berkembang ke sebuah pemaknaan iklan dalam konteks postmodernisme, Iklan harus mampu memuat nilai- nilai tertentu di benak pemirsanya, sesua i dengan nil ai pesan yang ingin disampaikan, Iklan televisi dikenal dengan iklan commercial dan non commercial. Iklan rokok merupakan iklan komersial banyak dilakukan dengan pendekatan soft selling bukan hard selling. Karena sifatnya yang soft selling dan tidak hard selling dan bertujuan menanamkan citra, maka bentuk iklan corporate yang cocok untuk jenis produk rokok ini sebagai pendekatan citra bagi nilai perusahaan. Penelitian dalam kajian tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif interpretatif semiotik, Subjek penelitian adalah iklan corporate produk rokok GG di televisi pada momen Ramadhan dan Lebaran tahun 2006, Sample iklan televisi itu direkam dalam komputer dengan fasilitas tv tuner internal yang terdapat dalam komputer Pc. Kemudian menganalisisnya dengan ana lisis interpretatif semiotik take picture frame by frame dari setiap topik iklan. Pemahaman akan makna iklan menggunakan semiotika structural dan pasca structural dari semiosisnya CS, Peirce sampai dengan mitosnya Roland Barthes, memahami iklan rokok banyak mengungkapkan muatan nilai-nilai simbolik. Secara semiotik, disain komunikasi visual iklan korporat rokok GG memuat unsur verbal dan visual. Penangkapan pemaknaan iklan dapat diketahui dengan menangkap iklan audiovisual tersebut lewat take picture frame by frame dari moving image iklan. Pertama kali yang dilakukan adalah dengan membongkar (dekonstruksi) tandatandanya baik ikon, indeks dan simbol. Kemudian melakukan interpretasi makna secara denotatif dan konotatif makna mitos dari nilai -nilai kulturalnya secara naratif deskriptif induktif. Tematik iklan GG dalam momen Ramadhan dan Lebaran memuat nilai-nilai ku ltur religi ketika diputar pada saat itu. Komodivikasi nilai-nilai relig i dalam iklan dikonstruksi ke da lam empat karya topik iklan oleh Octocomm Adv, Momen Ramadhan memuat karya iklan tiga topik yaitu Kesabaran, Refleksi diri (Cermin). Keikhlasan, dan Lebaran satu topik yaitu Kesucian (Idul Fitri/ Lebaran), Iklan GG ini merupakan iklan korporat, akan tetapi jika dikaitkan dengan kontek momennya maka ia lebih dekat ke semi PSA (Publik Service Advertisement) atau philantrophy corporate advertisement.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Tematik, Semiotika | ||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | sri SE endarti | ||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 02:35 | ||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 02:35 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |