Hayom Widagdo, Muh. (2002) Motif Pamor Udan Mas Sebagai Elemen Hias Pada Perhiasan. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) | Request a copy |
Abstract
Pamor merupakan hasil karya seni kriya yang ditinggalkan oleh para seniman Nusantara terdahulu yang hingga kini masih dikagumi oleh para pemerhati tosan aji. Pada masa itu sampai kini pamor dibuat seiring dengan penciptaan keris, di mana keris diciptakan di situlah pamor berada. Dalam kata lain menciptakan keris sekaligus menciptakan pamor, karena pamor diciptakan untuk memperindah penampilan keris. Di sana pula letak keampuhan keris, karena pamor adalah paduan an tara besi dan nikel. Sesi yang berwama hitam dan nikel yang berwama putih jika dikerjakan dengan rumus-rumus lipatan, tempaan dan pangkasan tertentu akan menghasilkan beraneka karya seni komposisi garis. Garis-garis putih di sana-sini di atas warna hitam legam. Hasil lipatan dan tempaan ini selain komposisi seni rupa yang indah juga sebagai penyimpan ramuan racun pada keris yang dapat membunuh makhluk hidup. Untuk itulah keris dipakai masyarakat jaman dahulu sebagai sipa/ kandel atau senjata untuk membela diri dari serangan musuh atau digunakan untuk menyerang musuh. Pada jaman dahulu pamor selain merupakan julukan pada motif hias permukaan bilah keris juga julukan untuk bahan logam putihnya yang didapat dari meteor yang jatuh dari langit. Namun karena jatuhnya meteor dari langit merupakan sesuatu yang langka terjadi, maka bahan logam putih diganti dengan logam nikel. Ketertarikan penulis terhadap pamor Udan Mas dari segi seni rupanya yang menghias permukaan keris yaitu garis-garis putih di atas dasar wama hitam, maka penulis tertarik untuk mengamati, meniru dan kemudian menciptakan motif pamor Udan Mas dari segi seni rupanya . Penulis dalam menciptakan motif pamor tersebut tidak lagi menggunakan bahan logam besi dan meteor ataupun nikel, tetapi menggantinya dengan logam tembaga yang berwarna merah bata yang semakin lama berubah warna menjadi merah kehitaman, dan logam perak untuk warna putihnya. Sehingga hasil seni rupanya adalah garis-garis putih membentuk pusaran-pusaran di alas warna merah kehitaman . Karena background penulis adalah tukang perhiasan, maka motif pamor Udan Mas digunakan oleh penulis untuk elemen hias pada perhiasan. Dari eksperimen dalam menciptakan motif pamor Udan Mas ini di samping dapat diterapkan sebagai elemen hias pada perhiasan, diharapkan pad a perkembangannya nanti motif pamor dapat diciptakan lagi dengan bentuk-bentuk yang lebih bervariatif dan juga penerapannya. Dengan hasil ciptaan pamor yang diilhami oleh pamor keris peninggalan nenek moyang kita itu, penulis mempunyai tujuan yaitu untuk menghormati, menghargai dan melestarikan seni menciptakan pamor para seniman pendahulu kita tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91101#SENI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | pamor, tosan aji, perhiasan, Udan Mas | |||||||||
Subjects: | Kriya > Kriya Logam | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | |||||||||
Depositing User: | sugeng SW wahyuntini | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 07:05 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 07:05 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |