Fenomena Transjakarta Sebagai Media Beriklan Di Jakarta

Nurhayati, Dyah (2007) Fenomena Transjakarta Sebagai Media Beriklan Di Jakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Media, sebagai bagian dari komunikasi adalah sarana untuk menyebarluaskan pesan atau isi melalui ruang dan waktu untuk menjangkau target audiens. Media juga dikelompokkan ke dalam tatanan media massa atau biasa disebut media yang meliputi media lini atas dan media lini bawah, kbususnya tentang bagaimana media menjangkau kbalayak sasaran. TransJakarta atau busway sebagai salah satu alat transportasi altematif di Jakarta, bukan sekedar sarana untuk memindahkan barang atau orang dari satu tempat ke tempat lainnya. Busway memiliki karakter yang berbeda dengan buskota reguler di Jakarta, dan kenyamanan fasilitas publik ini setara dengan kendaraan pribadi. Sehingga busway berpotensi sebagai media komunikasi dalam permasalahan multi dimensi, termasuk di dalamnya sebagai media beriklan komersial di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan karakter busway sebagai sebuah sistem transportasi dan dari temuan tersebut menghasilkan potensi media pada busway, terutama media beriklan melalui pendekatan sosiologi desain dan teori Marshall McLuhan. Penelitian ini mengambil obyek pada busway koridor 1 sid koridor 3 dari keseluruhan 7 koridor. Alasannya adalah karena ketiganya telah terealisasi menjadi media beriklan. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskripif, yaitu sebuah pendekatan untuk melukiskan secara mendalam mengenai fenomena kehidupan masyarakat yang diteliti melalui fakta-fakta yang disajikan dan dianalisa secara sistematik guna memahami fenomena terse but. Temuan peneiitian ini menunjukkan bahwa karakter busway berbeda dengan buskota reguler di Jakarta. Karakter ini menimbulkan pesan, opini atau persepsi masyarakat terhadap busway yang berbeda pula dengan buskota reguler. Pesan tersebut menjadi sebuah mitos pada busway. Mitos busway tentang kemodeman serta kecanggihannya membuat pengguna busway, yang sebenamya berasal dari berbagai lapisan masyarakat juga memiliki citra sebagai masyarakat yang modem dan canggih. Sehingga mitosisasi dari seseorang yang menggunakan busway, adalah seorang yang modem dan cepat karena perkembangan teknologi. Xli Karakter busway dinilai memiliki citra yang ' positif dalam arti baik dan menguntungkan karena tersembunyi pesan 'eksklusif dari pembawaannya sehingga, ini menjadi kunci orang-orang kreatif untuk mengeksplorasi busway sebagai sebuah media atau upaya memecahkan masalah, tanpa terkecuali sebagai media untuk beriklan. Karena di dalam pesan penjualan terdapat makna yang diharapkan oleh pengiklan, artinya pengiklan mencoba menjelaskan dan berharap makna yang disampaikan ditangkap oleh pembaca. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mencoba membangun citra brand agar setara dengan citra media yang telah ada. Inilah yang dilakukan oleh pastagigi Formula yang menjadikan busway sebagai media untuk beriklan di Jakarta. Berkaitan dengan Disain Komunikasi Visual, penelitian 1nt menemukan adanya fenomena media beriklan di dalam fenomena transportasi sehingga menjadikan busway sebagai media beriklan di Jakarta. Adapun aplikasinya terdapat pada grip medial hanger/ pegangan tangan, sisipan AC, stiker pada tempat dudukl jok, dan stiker pada pintu. Jika dicermati karakter busway banyak menggabungkan karakter-karakter media yang termasuk dalam tatananl klasifikasi media konvensional. Busway tidak bisa diklasifikasikan ke dalam salah satu jenis media, A TL, BTL, TTL maupun ambience media. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa sebagai media beriklan busway merupakan sebuah ' hybrid media '. Penelitian ini melalui pendekatan sosiologi desain dan alasan diktum McLuhan telah membuktikan benar adanya bahwa busway adalah sebuah fenomenalfakta transportasi yang baru dalam masyarakat warga Jakarta dan sekitarnya, oleh karena karakternya juga telah menjadikan busway sebagai fenomena media beriklan di Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nurhayati, Dyahnim0211332023
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorLasiman, Lasimannip131773335
ContributorWidowati, Heningtyasnip132300031
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Karakter, Busway, Jenomena, Media, Citra, Simbolik, Pesan.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 28 Aug 2025 06:33
Last Modified: 28 Aug 2025 06:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21889

Actions (login required)

View Item View Item