Angeline Rizky Emawati Putri, 1011318011 (2015) Wetan Nok! Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
8 WETAN NOK BAB 1.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
9 WETAN NOK BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
10 WETAN NOK BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text
11 WETAN NOK BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
12 WETAN NOK BAB 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
13 WETAN NOK LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
||
|
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Video
Karya Angeline Rizky EP.mov Restricted to Repository staff only Download (1GB) | Request a copy |
Abstract
‘Kekuatan’ pada diri wanita dilahirkan dari keberanian menata diri sendiri maupun diri lainnya, yang didasari oleh suatu proses kehidupan. Proses kehidupan yang telah dijalani, memunculkan kesadaran akan pentingya waktu yang membawa lika-liku, keberanian berdiri sama tinggi lewat ‘emansipasi’, keberanian mengukir asa yang diwujudkan lewat keberanian ‘menata’ tubuh sebagai ‘alat’, dan nalar sebagai ‘mesin’ di dalamnya. Keberanian menata diri sendiri dan diri lain di sekelilingnya, serta kesadaran dan pemahaman akan pentingnya waktu, emansipasi, tubuh, asa serta nalar, melahirkan suatu konsepsi dan gagasan tentang ‘kekuatan’ yang hendak diaktualisasikan secara simbolis dan dinamis lewat bentuk gerak, teknik, serta ekspresi tubuh tari dalam satu karya berjudul “WETAN NOK”. Interpretasi ‘kekuatan’ pada diri wanita yang diasumsikan terbentuk oleh waktu, emansipasi, tubuh, asa, serta nalar, hendak diekspresikan dan diaktualisasikan secara simbolis dalam bentuk koreografi kelompok putri. Bentuk simbolis gagasan ‘kekuatan’, akan diekspresikan lewat gerak-gerak yang bercorak mengalun, pengolahan teknik keseimbangan, kelenturan, dan kekuatan tubuh, yang diasumsikan merupakan esensi konsep gerak dan teknik dalam Yoga. Adapun teknik lainnya yang akan diimplementasikan sebagai penunjang simbolisasi bentuk ‘kekuatan’dalam karya ini, antara lain seperti teknik lifting, body extended, serta teknik ‘jatuh-bangun’ . Metode eksplorasi-improvisasi-komposisi yang direlasikan dengan metode merasakan, menghayati, mengimajinasikan, mengkhayalkan, serta memberi bentuk dalam karya ini, diimplementasikan guna memperoleh berbagai macam bentuk gerak, teknik, dan ekspresi tubuh tari sebagai bahan baku dalam koreografi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Ni Nyoman Sudewi, M. Miroto | ||||
Uncontrolled Keywords: | Kekuatan, Wanita, Koreografi Kelompok, tari, karya | ||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | ||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||
Date Deposited: | 30 Aug 2017 08:04 | ||||
Last Modified: | 30 Aug 2017 08:04 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2191 |
Actions (login required)
View Item |