Struktur dan Fungsi Tari Pakarena Versi Anida

Jamilah, Jamilah (2003) Struktur dan Fungsi Tari Pakarena Versi Anida. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pertunjukan dalam kebudayaan suku Makassar, Sulawesi Selatan yaitu tari Pakarena versi Anida khusus dalam struktur dan fungsinya. Proses pengungkapan tari Pakarena versi Anida tidak terlepas dari peran serta Organisasi Seni Budaya Mangkasarak (OSBM) pada tahun 1951 yang salah satu anggotanya adalah Andi Siti Nurhani Sapada. Melalui peran Institut Kesenian Sulawesi (IKS) sebagai upaya pembenahan dan pelestarian dari tari Pakarena versi Anida kemudian menjadi sumber ilham untuk melahirkan kreasikreasi baru yang muncul pada awal tahun 60-an dan 70-an. Tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut sebagai satu awal dari pencerahan kebudayaan di Sulawesi Selatan. Struktur atau bentuk keseluruhan dalam tari Pakarena versi Anida adalah pengorganisasian seluruh talaran gerak, mulai dari motif gerak sampai pada bentuk keseluruhan di dalam tari dari awal hingga akhir. Gerak yang paling kecil dan sederhana yaitu motif gerak secara langsung akan terikat oleh gerak yang setingkat lebih besar yaitu frase gerak. Demikian seterusnya hingga seluruh gerak tersebut menjadi satu kesatuan struktur gerak yang utuh dan lengkap. Fungsi utama tari Pakarena versi Anida di Sulawesi Selatan adalah memberi sumbangan kepada kesinambungan dan stabi litas kebudayaan. Pada masa sekarang, tari Pakarena versi Anida dipergunakan dalam berbagai konteks seperti upacara perkawinan, memeriahkan hari-hari besar negara, menghibur tamu-tamu penting kenegaraan, dan sebagai sumbangsih ke dalam dunia pendidikan. Keberadaannya hingga saat ini lebih didukung oleh fungsi pendidikan sebagai salah satu mata pelajaran mulai dari sekolah Dasar hingga ke Perguruan Tinggi. Tari Pakarena versi Anida sebagai suatu un sur upacara perkawinan dan media pendidikanmengandung makna-makna simbolis khususnya bagi generasi muda. Tari Pakarenadikaitkan dengan jumlah penari Sipinangka adalah kesempurnaan hidup manusia,keselarasan lahiriah dan batiniah berupa nasehat atau Pasang yang tertuang di dalam konsep Sulapa Appa simbol empat arah mata angin.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Jamilah, Jamilahnim051/ST-st/01
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHadi, Y. Sumandiyonidn0017074907
ContributorSumaryono, Sumaryononidn0001115709
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: sipinangka, pasan, sulapa appa
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 29 Aug 2025 03:14
Last Modified: 29 Aug 2025 03:14
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21928

Actions (login required)

View Item View Item