Trajang Trisnajati, Raylinda (2024) Penciptaan Tata Cahaya Dalam Pertunjukan Drama Musikal TUK Karya Bambang Widoyo SP. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
|
Text
RAYLINDA TRAJANG_2024_BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
RAYLINDA TRAJANG_2024_BAB IV.pdf Download (407kB) | Preview |
|
![]() |
Text
RAYLINDA TRAJANG_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
RAYLINDA TRAJANG_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
![]() |
Image
RAYLINDA TRAJANG_2024_KARYA.mp4 Restricted to Repository staff only Download (57MB) | Request a copy |
Abstract
Penciptaan tata cahaya dalam pertunjukan drama musikal Tuk karya Bambang Widoyo SP memperlihatkan proses rancangan yang teliti dan inovatif. Rancangan tata cahaya merupakan inti dari dimensi visual dan atmosfer pertunjukan. Rancangan ini tidak hanya mempertimbangkan aspek pencahayaan panggung, tetapi juga mencakup elemen-elemen artistik yang mendukung atmosfer dan narasi pementasan. Aspek-aspek tata cahaya, termasuk penggunaan warna, intensitas, dan efek khusus, menjadi elemen penting dalam menciptakan beragam suasana sesuai dengan perkembangan cerita. Melalui analisis mendalam terhadap naskah, desainer tata cahaya dapat memetakan setiap adegan untuk menciptakan pencahayaan yang sesuai dengan emosi, suasana, dan perkembangan cerita. Penggunaan warna, intensitas, dan posisi cahaya menjadi instrumen penting dalam menekankan transisi waktu serta menyoroti nuansa yang diperlukan pada setiap momen penting dalam naskah. Kehadiran latar melalui cahaya membuktikan peran krusial tata cahaya dalam menciptakan ruang visual yang mendalam, menonjolkan elemen panggung, dan mengarahkan perhatian penonton. Proses penciptaan tata cahaya melibatkan kerjasama erat antara perancang tata cahaya, sutradara, dan perancang tata panggung, memastikan integrasi yang harmonis dengan seluruh produksi. Kolaborasi yang erat antara desainer tata cahaya dengan sutradara dan tata panggung untuk menyelaraskan dan menghasilkan harmoni antara pencahayaan, set, dan arah cerita. Keseluruhan pengaturan pencahayaan tidak hanya menciptakan kesatuan visual yang menakjubkan tetapi juga memberikan dimensi ekstra yang memperkaya pengalaman penonton, menjadikan tata cahaya sebagai elemen penting yang menghidupkan dan memperdalam keseluruhan cerita yang dipentaskan. Penciptaan tata cahaya berperan sentral dalam menciptakan pengalaman teater yang mendalam dan memikat. Dengan perancangan yang teliti, pilihan efek, dan kolaborasi yang erat, tata cahaya bukan hanya menjadi penunjang visual, tetapi juga elemen artistik yang menyelaraskan seluruh pertunjukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91251#TEATER | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Tata Cahaya, Tuk, Drama Musikal, Kolaborasi. | |||||||||
Subjects: | Teater > Penciptaan (penyutradaraan, penataan artistik, penulisan naskah,pemeranan) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater | |||||||||
Depositing User: | Raylinda Trajang Trisnajati | |||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 08:42 | |||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 08:42 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |