Albert Hutabarat, Salomo (2025) Pengharapan: Penggunaan Sequencer dalam Mengolah Unsur Musik Non Ritmis pada Musik Minimalis. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Salomo Albert Hutabarat_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
|
|
Text
Salomo Albert Hutabarat_2025_BAB. I.pdf Download (811kB) | Preview |
|
|
Text
Salomo Albert Hutabarat_2025_BAB V.pdf Download (187kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Salomo Albert Hutabarat_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
Salomo Albert Hutabarat_2025_PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
Abstract
Musik minimalis merupakan salah satu aliran musik yang berkembang di Amerika sekitar tahun 1960an. Aliran ini diidentik dengan pola-pola berulang atau repetitif. Karya komposisi musik pengharapan terinspirasi oleh karya salah-satu dari komposer musik minimalis yaitu Hania Rani dan Steve Reich. Karya ini terdiri dari 3 gerakan dengan pendekatan pada teknik aliran musik minimalis yang repetitif dan transformasi bertahap, dan pengolahan unsur musik non ritmis yang menciptakan suasana meditatif dan kontemplatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan musik minimalis dengan memanfaatkan sequencer dalam pengolahan unsur musik non ritmis untuk menghadirkan suasana kontemplatif. Proses penciptaan dilakukan dengan mengobservasi dan mengeksplorasi terlebih dahulu teknik komposisi aliran musik minimalis, hal ini dikarenakan untuk mengetahui penentuan instrumentasi, proses penyusunan konsep hingga proses pembuatan musik, upaya ini juga bertujuan untuk dapat menerapkan unsur musik non ritmis pada media sequencer. Teknik komposisi Steve Reich dalam penggunaan pola repetitif, arpeggio, harmoni dan transformasi bertahap menjadi landasan utama dalam komposisi musik pengharapan. Musik minimalis dan unsur musik non ritmis pada sequencer dalam memunculkan suasana kontemplatif dipadukan menjadi sebuah karya komposisi pengharapan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaplikasian unsur musik non ritmis pada komposisi minimalis dapat dilakukan secara efektif dengan menerapkan teknik komposisi minimalis dan strategi dalam memunculkan suasana kontemplatif dapat dilakukan dengan mengolah unsur musik non ritmis berupa suara ambien seperti pad pada sequencer untuk mengembangkan atmosfer spiritual yang mediatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PPENCIPTAAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Musik minimalis, sequencer, unsur musik non ritmis, kontemplasi, penciptaan musik. | |||||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Salomo Albert Hutabarat | |||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 00:55 | |||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 00:55 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |