Pandansari Kusumo, RA. Maria M (2006) Komponen Pakinangan. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (30MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (1MB) |
Abstract
Akhir-akhir ini banyak muncul karya seni yang mengangkat kcmbali atau menjadikan karya tradisional sebagai sumber ide dalam berkarya. Hal tersebuttentunya timbul dari rasa kepedulian dan keprihatinan terhadap karya-karya masalalu yang semakin hari semakin langka dijumpai. Di lingkungan seni kriya sebut saja blencong, dakon, cerek, dan sebagainya, karya-karya tersebut dapat dijadikan contoh bagi orang-orang yang memang ingin melakukan inovasi dengan kreativitasnya dan tidak meninggalkan atau melupakan spirit karya-karya lampau. Pakinangan, adalah sebuah wadah persirihan yang terdiri dari beberapa komponen antara lain wadah daun sirih, wadah kinang, wadah gambir dansebagainya, merupakru1 salah satu hasil peninggalan masa lampau yang pada saat ini keberadaannyapun langka. Dewasa ini pakinangan pada umumnya sudah tidak digunakan sebagaimana mestinya, walaupun masih ada yang menggunakannyasebagai perlengkapan upacara adat, tetapi hanya sebagai alat seremonial saja.Keunikan pakinangan adalah terletak pada bentuk, jenis dan fungsi. Dari sumber ide yang unik inilah penulis kemudian melakukan tahap demi tahap proses penciptaan dan beberapa pengamatan pada obyek secara langsung (observasi), perenungan, pembuatan sketsa, eksperimen, pembuatan model hingga perwujudan karya. Eksperimen dilakukan untuk memilih bahan, mencari bentukdan padu padan dengan bahan lain, melakukan proses fin'isi ng dengan slep, etsadan penghitaman. Proses pencarian bentuk dimulai dari pembuatan sket alternatifuntuk kemudian dipilih yang terbaik dan kemudian di strukturkan melalui pembuatan model dengan bahat1 gabus atau stereo foam yang pad a akhirnyadiwujudkan dengan logam sebagai bahan utamanya dan dipadukan dcngan batuandesit dan kayu jati sebagai hasil akhir dari karya seni kriya logrun.Kesimpulan yang diperoleh adalah dengan melalui perjalanan eksperimenĀeksperimen tersebut, diperoleh hasil sesuai dengan apa yang diiginkan oleh penulis dalam berkarya.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91001#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | pakinangan,kriya logam, karya tradisonal | ||||||
Subjects: | Kriya > Kriya Logam | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 04:28 | ||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 04:28 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/22028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |