Mesah, Nur Sejati (2006) Deformasi Bentuk Terompet Dalam Seni Kriya. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (42MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Bab VI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Terompet merupakan alat musik yang mempunyai bentuk unik, di sarnpingitu ni1ai karakteristik disertai tekstur. Pada bentuk terompet di sarnping dilihat dariaspek bentuk juga ni1ai simbolis disertai dengan filakna. Terompet mempunyai simbol religius dan juga simbol budaya. Hembusan suara terompet memaknaisebuah kesenian seperti halnya di masyarakat maupun di kalangan seniman yangselalu hadir dalam kegiatannya untuk berekspresi. Keindahan bentuk terompetsangat menarik bagi apresian, yang dikarenakan terompet mempunyai eiri khas gaya, dan disertai dengan tekstur, garis, titik yang sangat unik. Dari bentuk terompet secara fisik merupakan subyek benda sebagai inspirasi peneiptaan karyaseni yang akan diolah dan dikembangkan. Dari sumber inspirasi terom pet, makadidukung dengan sumber acuan visual kerang. Kerang binatang laut diambilbentuknya sebagai media penciptaan, yang dikarenakan kerang secara fisikbentuknya unik dan terdapat unsur-unsur yang diantaranya: tekstur, garis, dantitik. Dengan me\ihat bentuk kerang, ternyata ni1ai karakteristiknya juga sangat unik dan dapat diolah sebagai sumber penciptaan seni kriya. Dari sumber inspirasiterompet dan sumber acuan visual kerang, dapat menarik pencipta untuk diambilsebagai media ekspresi yang akan dikembangkan ke arab tujuan karya kreatif daninovatif.Da\arn penciptaan terompet kerang menggunakan tahapan metode seperti:engumpulan data yaitu mengambil bentuk terompet dan kerang untuk dijadikan bahan penciptaan, kemudian tahap eksplorasi yaitu membuat sketsa-sketsa desaina1ternatif dan kemudian diambil sebagai perancangan karya. Pada per:;mcangankarya memerlukan media bahan yang digunakan imtuk membuat karya. Bahanyang digunakan dalam membuat karya menggunakan kayu jati yang berkua1itassedang dan memiliki keawetan. Sedangkan tahap selanjutnya ke tahap perwujudanyaitu terompet kerang diwujudkan berbagai dalam macarn-macam bentuk, tetapi semua mempunyai eiri khas gaya tersendiri. Di sarnping itu juga unsur-unsur yangterdapat pada terompet dan kerang menonjo\kan keunikannya, begitu juga dirnensi bentuknya sangat berbeda-beda.Dari bentuk terompet kerang, ternyata mempunyai keunikan pada bentukgaya, tekstur, garis, titik dan karakteristiknya. Di sarnping itu dalam mcneiptakanbentuk terompet kerang dapat memberikan kemungkinan a1ternatif luas untukpengembangan kreativitas penciptaan karya, sehinggamenggugah penulismenjadikannya sumber ide dan gagasan dalam penciptaan karya seni kriya kayu.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91001#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | deformasi,terompet, seni kriya | ||||||
Subjects: | Kriya > Kriya Kayu | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 09:42 | ||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 09:42 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/22040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |