Perancangan Interior SLBA N 01 Bantul

Ayu Tri Prastyani, 1310048123 (2017) Perancangan Interior SLBA N 01 Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab ii - iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab v pen.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Other (karya)
Karya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (417MB) | Request a copy
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Tunanetra adalah gangguan penglihatan mata yang dikelompokkan menjadi low vision (masih dapat) dan totally blind (secara keseluruhan). Sekolah Luar Biasa SLB N 01 Bantul terletak di Jl. Wates 147, Km.3, Ngestiharjo Kasihan Bantul. SLB N 01 Bantul merupakan sekolah luar biasa negeri yang menyelenggarakan pembelajaran yang di dasarkan pada kurikulum tingkat satuan Pendidikan yang telah disesuaikan dengan kondisi, potensi, kemampuan dan kebutuhan individu siswa tunanetra. Siswa tunanetra nantinya akan mengikuti program pelatihan keterampilan yang berbasis potensi, kemampuan dan kebutuhan individu siswa dengan kebutuhan masyarakat. Dalam mengikuti program pelatihan keterampilan tersebut, siswa difasilitasi dengan ruang kelas, ruang pengembangan diri, ruang massage, ruang penjaskes, dan ruangan dapur. Cakupan dalam perancangan interior SLB N 01 Bantul adalah pada area pembelajaran antara lain: ruang kelas, ruang dapur, ruang keterampilan, ruang massage, ruang penjaskes, ruang kantor dan toilet. Metode dalam perancangan menggunakan metode desain thinking milik Vijay Kumar, dimana metode proses desain yang dilakukan dimulai dengan mengamati lingkungan SLB, pengumpulan data, penelusuran masalah, pencarian ide, pengembangan desain dan melakukan evaluasi pemilihan desain. Dengan tujuan untuk merancang desain interior ruang pembelajaran yang menfasilitasi kebutuhan ruang anak tunanetra, meningkatkan percaya diri kepada anak tunanetra ketika berada di area sekolahan, merancang ruang kelas yang fleksibilitas, meningkatkan efektivitas pembelajaran anak tunanetra dan meningkatkan kemandirian siswa di dalam lingkungan kelas. Berdasarkan data-data dan penelitian yang diperoleh, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut : bagaimana merancangan ruangan kelas anak tunanetra yang mudah di akses untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Berdasarkan permasalahan desain yang didapat ide solusi desain dipecahkan menjadi 3 solusi : Menolong diri sendiri dan bertanggung jawab,Aspek kepekaan pendengaran dan perabaan,Penggunaan warna untuk low vision.Pengembangan ide desainnya dengan cara semua anak dapat mencapai suatu tempat dengan mudah tidak mengharapkan pertolongan untuk memberikan kesempatan menolong diri sendiri. Menentukan sirkulasi dan orientasi yang mudah dihafal dan penggunaan material yang bertekstur. Pemilihan warna yang kontras dengan backgroud warna kuning, putih dan merah dengan objek berwarna gelap yaitu biru dan hitam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Dosen Pembimbing: Yulyta Kodrat P. ; Ivada Ariyani
Uncontrolled Keywords: Sekolah Luar Biasa, Tunanetra, Aksesibilitas
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 06 Sep 2017 00:51
Last Modified: 06 Sep 2017 00:51
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item