Makna Konotasi Pada Ilustrasi Cover Board Game Monas Rush

Taufan Fadhlil, 1012005024 (2017) Makna Konotasi Pada Ilustrasi Cover Board Game Monas Rush. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab ii - iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab v pen.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL TAUFAN FADHLIL.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

MONAS RUSH sebagai salah satu board game yang mulai dipopulerkan oleh KOMPAS GRAMEDIA sejak tahun 2015 lalu sedang berusaha untuk memposisikan diri di lingkungan masyarakat Indonesia sebagai alternatif permainan yang dapat dimainkan bersama dengan kerabat, saudara, teman, maupun keluarga. Penggunaan elemen verbal dan visual pada ilustrasi kemasan board game tersebut dapat memunculkan makna konotasi yang jauh berbeda dari fungsi dan tujuan produk tersebut sebagai sebuah permainan saat produk tersebut berada di masyarakat. Untuk mengkaji makna konotasi yang muncul dari ilustrasi cover board game ini penulis menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce untuk memunculkan ikon, indeks, dan simbol yang ada dalam ilustrasi tersebut lalu diolah menggunakan lima kisi-kisi kode semiotika Roland Barthes untuk memunculkan makna yang lebih dalam dari objek kajian tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Taufan Fadhlil, 1012005024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : I. T. Sumbo Tinarbuko ; Andika Indrayana
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Ilustrasi, Cover Kemasan,Board Game, MONAS RUSH
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 18 Sep 2017 04:29
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item