Taufan Fadhlil, 1012005024 (2017) Makna Konotasi Pada Ilustrasi Cover Board Game Monas Rush. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
bab i.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab ii - iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab v pen.pdf Download (838kB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL TAUFAN FADHLIL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
MONAS RUSH sebagai salah satu board game yang mulai dipopulerkan oleh KOMPAS GRAMEDIA sejak tahun 2015 lalu sedang berusaha untuk memposisikan diri di lingkungan masyarakat Indonesia sebagai alternatif permainan yang dapat dimainkan bersama dengan kerabat, saudara, teman, maupun keluarga. Penggunaan elemen verbal dan visual pada ilustrasi kemasan board game tersebut dapat memunculkan makna konotasi yang jauh berbeda dari fungsi dan tujuan produk tersebut sebagai sebuah permainan saat produk tersebut berada di masyarakat. Untuk mengkaji makna konotasi yang muncul dari ilustrasi cover board game ini penulis menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce untuk memunculkan ikon, indeks, dan simbol yang ada dalam ilustrasi tersebut lalu diolah menggunakan lima kisi-kisi kode semiotika Roland Barthes untuk memunculkan makna yang lebih dalam dari objek kajian tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | I. T. Sumbo Tinarbuko ; Andika Indrayana | ||||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Ilustrasi, Cover Kemasan,Board Game, MONAS RUSH | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 18 Sep 2017 04:29 | ||||
Last Modified: | 18 Sep 2017 04:29 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2273 |
Actions (login required)
View Item |