Ganys Herdwiliana Buhori, 1210628031 (2017) Pembentukan Identitas Branding Fotografi Pre-Wedding Karya Carol Kuntjoro : Pengkajian Proses Kreatif. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (891kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Other (KARYA)
KARYA.rar Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
JURNAL.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pembentukan identitas branding fotografi pre-wedding yang dimiliki oleh Carol Kuntjoro dengan menelusuri proses kreatif tahapan pembuatan karyanya. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah, semakin pesatnya perkembangan dunia seni fotografi, membuat fotografer harus memiliki ide dan wawasan yang luas agar karyanya dapat diterima khalayak. Dengan proses kreatif, fotografer dapat menuangkan ide, gagasan dan daya kreasinya dalam sebuah media foto. Proses kreatif itu sendiri mempunyai tingkat kontribusi yang tinggi dalam penciptaan sebuah karya foto, yang tidak hanya memiliki nilai jual, namun juga memiliki esensi jati diri pembuatnya. Tahap pembuatan karya-pun tidak lepas dari pembentukan karakter dalam karya foto, yang juga masuk dalam ranah proses kreatif yang merupakan tahap yang melahirkan identitas branding.Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dan mengacu pada pendapat narasumber dan hasil observasi di lapangan. Fotografer Carol Kuntjoro yang merupakan objek penelitian ini menggunakan kamera berjenis analog dan rangefinder untuk menciptakan karya fotonya.. Dia menanamkan jati dirinya kedalam foto yang telah menjadi ciri khas di dalamnya. Proses editing dan pemilihan kamera dapat mempengaruhi Carol dalam membuat identitas branding. Tidak hanya itu, penanaman kepribadian Carol Kuntjoro juga menjadi hal yang vital dalam pembuatan tiap karyanya dalam hal pembentukan ciri khas. Dia menyebut dirinya sendiri sebagai fotografer mood yang menangkap emosi pelanggannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Carol memiliki brand dalam fotonya, yakni nuansa monochrome, blur, tidak mengutamakan background dan/atau kostum serta tata rias, lebih mengutamakan pergerakan dan interaksi objek yang dibidiknya. Kata Kunci: Pembentukan Identitas Branding, Proses Kreatif, Carol Kuntjoro.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Irwandi; Syaifudin | ||||
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Identitas Branding, Proses Kreatif, Carol Kuntjoro | ||||
Subjects: | Fotografi Fotografi > fotografi komersial |
||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi | ||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | ||||
Date Deposited: | 03 Oct 2017 07:43 | ||||
Last Modified: | 03 Oct 2017 07:43 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2385 |
Actions (login required)
View Item |