Nadar

Tri Rahmawati, NIM : 0311049011 (2010) Nadar. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Nadar adalah suatu prosesi seseorang dalam memenuhi janji yang pemah diucapkan , baik oleh diri sendiri maupun dihadapan orang lain agar terhindar dari mala­ petaka dan hidup dalam ketentraman. Sebagai ucapan sukur ini biasanya dilakukan dengan bentuk kegiatan ritual seperti kenduri , sesaji dan lain sebagainya. Disamping itu juga dilakukan pesta dengan menampilkan kesenian tradisional yang masih dipercaya memiliki nilai religiu s. Jaran kencak merupakan salah satu kesenian yang dianggap memiliki nilai religius dan sangat erat hubun gannya dengan kehidupan masyarakat Lumajan g. Kesenian tersebut biasanya ditampilkan dalam upacara khitanan untuk memenuhi janji yang pemah diucapka n . Sehingga jaran kencak bisa dikatakan sebagai salal1 satu identita s masyarakat Lumaj ang yang perlu dilestarikan, misalnya dengan menggarap sebuah prosesi dalam bentuk seni pertunju.ka n tanpa menghilangkan esensi dan nilai- nilai seni yang asli. Karya tari yang berjudul Nadar merupakan ungkapan dari prosesi upacara khitanan yang dilakukan di Ltunajang Jawa Timur. Mode penyajian karya tari ini bersifat drru;na tari. Karya tari ini dibagi menjad i 5 bagian yaitu bagian I Introduksi ( bagian ini menggambarkan tentang seorang anak yang minta dikhitankan dan pelepasan ujar ), bagian II ( Sesaji atau Kenduri ), bagian III ( Rampak putri penggambaran dari penugang ku da ), bagian IV ( Bimo di tandu lalu di arak ), bagian V ( Arak-arakan semu.a pendukung ikut serta dalam prosesi tersebut seperti penari putri, penari putra, pendukun g musik, Ali, Jibna, Bimo). Karya tari ini didukung oleh 12 pendukung. Mode penyajian simbolis representa sional. Gerak tari dalam karya ini berpijak dari gerak tari gaya Jawa Timur yang telah dikembangk an sesuai kreatifitas penata tari. Gerak tari ini lebih menonjolkan pada pengolahan gerak tangan, gerak kaki, gerak bahu dan gerak kepala.. Iringan karya tari ini menggunakan laras slendro dan pelog serta ditambah beberapa instrument gamelan dari Jawa Timur seperti kendang Cak dong dan slompret. Tata rupa yang ditampilkan adalah menggunakan trap yang diletakkan di up Center dan up left. Properti yang digunakan dalam karya tari yang berjudul Nadar ini adalah kuda yang terbuat dari bambu dibentuk menyerupai kuda ( kuda tandu ), properti tambir yang digunakan tmtuk sesaji , isi dari properti tambir tersebut adalah menyerupai nasi tumpeng dan atasnya diberi menyerupai nasi golong. Busana yang digunakan adalah busana yang berpij ak pada busana Jawa Timuran . Pesan yang disampaikan karya tari berjudul NADAR ini adalah apabila kita men gucap janji , haru slah melaksanakan janji tersebut , karena janji adalah hutan g baik kepada Tuhan maupun terhadap orang banyak apalagi j anji t crscbut di sak sikan oran g ban yak atau l cbih dari sat u . Mclalui karya tari ini penata harapkan dapat memberikan suatu saji an pertunjukan tari yang dapat mengungk apkan suatu kejadi an yang ada dikehidupan di Lumajan g, Jawa Timur dalam melakukan prosesi khitanan .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Dosen Pembimbing: Bekti Budi Hastuti, Tutik Winarti
Uncontrolled Keywords: Ujar, Jaranan, Arak-arakan
Subjects: Tari > Penciptaan Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan)
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 04 Oct 2017 04:31
Last Modified: 04 Oct 2017 04:31
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item View Item