Tokoh Video Game Sebagai Metafora Pengalaman Pribadi

Gerry Abram Picasso, NIM: 0511709021 (2012) Tokoh Video Game Sebagai Metafora Pengalaman Pribadi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penulis sebelumnya mengalami beberapa kesulitan dalam penentuan judul "Tokoh Video Game sebagai Metafora Pengalaman Pribadi" yang sebelumnya berjudul "Karakter Video Game , sebagai Metafora Pengalaman Pribadi" dikarenakan terjadi kesalahan persepsi dalam mendefinisikan kata "karakter" yang mengakibatkan multi-interpretasi dalam judul karya Tugas Akhir ini. Dari semua karya yang telah terwujud, penulis pada dasamya menggunakan tokoh-tokoh dalam video game sebagai pengganti pribadi penulis yang diungkap secara metaforik. Beberapa faktor kesulitan yang penulis alami adalah ketidakmampuan penulis untuk menyelesaikan karya yang penulis buat dalam waktu tertentu, karena proses pembentukan karya dengan medium cat minyak harus dibuat berlapis-lapis dan memerlukan waktu yang lama. Kemudian faktor yang medukung keberhasilan dalam membentuk karya adalah banyaknya referensi acuan karya yang mampu diperoleh dari buku, internet, video game, majalah, dan beberapa sumber lainnya yang penulis gunakan untuk membuat karya. Namun penulis masih merasa k:urang puas dengan apa yang sudah dicapai. Tidak semua tokoh yang penulis hadirkan berada dalam satu jenis game yang sama, misalkan pada karya berjudul TV threat yang merupakan tokoh dari film 300 tetapi tokoh tersebut tidak hanya hadir dalam bentuk film sebab mereka juga hadir dalam bentuk game di Playstation 3. Sesungguhnya penulis juga ingin menghadirkan makhluk-makhluk mitologi yang menarik untuk dipelajari, namun kendala teknis dan wak:tu yang dialami penulis selalu menjadi penghambat proses kreatif. Penulis berharap mampu memberikan karya-karya yang terbaik untuk proses pembelajaran, karena penulis masih membutuhkan saran dan kritik yang membangun agar pada karya-karya yang berikutnya dapat lebih baik dari yang sebelumnya. Meskipun harus mengubah gaya karya namun demi pancapaian pengetahuan estetik tidaklah masalah bagi penulis, karena kita harus berkembang dan maju untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Gerry Abram Picasso, NIM: 0511709021UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Sudarisman, Andang Suprihadi
Uncontrolled Keywords: Video Game, Pengalaman Pribadi, seni lukis
Subjects: Seni Murni > Seni Lukis
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:18
Last Modified: 26 Oct 2017 07:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2596

Actions (login required)

View Item View Item