Nikodemus Goratama Nuswantara, 1210014124 (2017) Kajian Visualisasi Tagar dalam Media Sosial Instagram (Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (777kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
JURNAL.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tagar dalam media sosial Instagram merupakan salah satu bentuk sign system dalam ruang siber yang berfungsi sebagai medium pembawa pesan. Tagar di dalam Instagram digunakan sebagai sebuah penanda untuk menyimpan, mengelola, dan mencari informasi tertentu secara online. Seiring perkembangannya, tagar bukan hanya digunakan untuk mengarsipkan sebuah informasi tetapi juga mencakup sebuah pesan, ide, dan gagasan terhadap fenomena sosial yang terjadi. Pesan, ide, dan gagasan yang tertuang dalam bentuk tagar ini lah yang kemudian menjadi sebuah wacana dalam media sosial Instagram. Wacana tersebut tidak hanya tertuang pada bentuk teks secara verbal, tetapi juga tertuang pada bentuk visual. Tagar tersebut menjadi sebuah wacana karena memiliki makna dan efek dalam dunia nyata yang berimbas pada lahirnya suatu gerakan sosial pada ruang media sosial. Hal ini menjadi menarik karena setiap pengguna dapat menafsirkan sendiri gagasannya terkait dengan tagar yang digunakan, dan pengguna lain sebagai konsumen juga dapat memaknai teks dalam tagar secara beragam. Penelitian ini dilakukan terhadap sampel #kamitidaktakut yang diunggah oleh akun Instagram @jokowi dan @najwashihab. Tagar Pekan Pancasila (#pekanpancasila) yang diunggah oleh akun Instagram @jokowi dan @itsrossa910. Serta #rayakanperbedaan dalam Instagram yang diunggah oleh akun @ciacia_saratasha dan @klkkln. Sampel tersebut dianalisis dengan menggunakan tiga dimensi analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Norman Fairclough. Dari analisis tersebut maka ditemukan adanya beberapa kesimpulan terkait dimensi teks, praktik kewacanaan, dan praktik sosial yang membentuk tagar pada media sosial Instagram. Hasil akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tagar dalam media sosial Instagram muncul sebagai trend masyarakat dalam merespon berbagai isu dan fenomena sosial yang sedang/telah terjadi serta melahirkan adanya suatu gerakan sosial di dalam masyarakat. Hal ini bermanfaat bagi penelitian yang ingin menekuni dan menambah wawasan terkait budaya siber (cyberculture) dan wawasan tentang peran tagar itu sendiri dalam media sosial. Keyword: tagar, sign system, media sosial, instagram, analisis wacana kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Baskoro Suryo Banindro; Daru Tunggul Aji | ||||
Uncontrolled Keywords: | tagar, sign system, media sosial, instagram, analisis wacana kritis | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | ||||
Date Deposited: | 15 Nov 2017 06:28 | ||||
Last Modified: | 15 Nov 2017 06:28 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2692 |
Actions (login required)
View Item |