Kajian Visualisasi Tagar dalam Media Sosial Instagram (Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough)

Nikodemus Goratama Nuswantara, 1210014124 (2017) Kajian Visualisasi Tagar dalam Media Sosial Instagram (Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Tagar dalam media sosial Instagram merupakan salah satu bentuk sign system dalam ruang siber yang berfungsi sebagai medium pembawa pesan. Tagar di dalam Instagram digunakan sebagai sebuah penanda untuk menyimpan, mengelola, dan mencari informasi tertentu secara online. Seiring perkembangannya, tagar bukan hanya digunakan untuk mengarsipkan sebuah informasi tetapi juga mencakup sebuah pesan, ide, dan gagasan terhadap fenomena sosial yang terjadi. Pesan, ide, dan gagasan yang tertuang dalam bentuk tagar ini lah yang kemudian menjadi sebuah wacana dalam media sosial Instagram. Wacana tersebut tidak hanya tertuang pada bentuk teks secara verbal, tetapi juga tertuang pada bentuk visual. Tagar tersebut menjadi sebuah wacana karena memiliki makna dan efek dalam dunia nyata yang berimbas pada lahirnya suatu gerakan sosial pada ruang media sosial. Hal ini menjadi menarik karena setiap pengguna dapat menafsirkan sendiri gagasannya terkait dengan tagar yang digunakan, dan pengguna lain sebagai konsumen juga dapat memaknai teks dalam tagar secara beragam. Penelitian ini dilakukan terhadap sampel #kamitidaktakut yang diunggah oleh akun Instagram @jokowi dan @najwashihab. Tagar Pekan Pancasila (#pekanpancasila) yang diunggah oleh akun Instagram @jokowi dan @itsrossa910. Serta #rayakanperbedaan dalam Instagram yang diunggah oleh akun @ciacia_saratasha dan @klkkln. Sampel tersebut dianalisis dengan menggunakan tiga dimensi analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Norman Fairclough. Dari analisis tersebut maka ditemukan adanya beberapa kesimpulan terkait dimensi teks, praktik kewacanaan, dan praktik sosial yang membentuk tagar pada media sosial Instagram. Hasil akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tagar dalam media sosial Instagram muncul sebagai trend masyarakat dalam merespon berbagai isu dan fenomena sosial yang sedang/telah terjadi serta melahirkan adanya suatu gerakan sosial di dalam masyarakat. Hal ini bermanfaat bagi penelitian yang ingin menekuni dan menambah wawasan terkait budaya siber (cyberculture) dan wawasan tentang peran tagar itu sendiri dalam media sosial. Keyword: tagar, sign system, media sosial, instagram, analisis wacana kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Nikodemus Goratama Nuswantara, 1210014124UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Baskoro Suryo Banindro; Daru Tunggul Aji
Uncontrolled Keywords: tagar, sign system, media sosial, instagram, analisis wacana kritis
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 15 Nov 2017 06:28
Last Modified: 15 Nov 2017 06:28
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item