Transformasi Tongkonan Dan Ragam Hias Toraja Sebagai Penciptaan Motif Batik Dalam Selendang

Wahyuni Ulfa, 1310020422 (2017) Transformasi Tongkonan Dan Ragam Hias Toraja Sebagai Penciptaan Motif Batik Dalam Selendang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab v pen.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Other (jurnal)
Jurnal WAHYUNIULFA_1310020422.PDF

Download (2MB) | Preview
[img] Other (karya)
karya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (366MB) | Request a copy
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penciptaan Karya Tugas Akhir ini berjudul Transformasi Tongkonan dan Ragam Hias Toraja Sebagai Penciptaan Motif Batik dalam Selendang. Karya ini merupakan ungkapan penulis yang kagum terhadap Indonesia yang mempunyai aneka ragam corak kebudayaan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah ragam hias yang ada pada tongkonan (rumah adat) di daerah Toraja. Di tanah Toraja, ukiran-ukirannya banyak kita jumpai pada bangunan-bangunan rumah adat dengan motif dari alam, baik tumbuh-tumbuhan maupun binatang. Sebagian besar rancangan motif berbentuk geometris serta mengandung makna yang tinggi filosofinya. Elemen tongkonan dan sejumlah motif inilah yang penulis transformasikan ke dalam sehelai kain sebagai motif baru yang digabungkan dengan karakter batik klasik, karena penulis berharap agar penerapan motif pada batik tidak meninggalkan karakter daerah serta tidak meninggalkan karakter motif batik klasik yang merupakan warisan budaya Indonesia. Proses penciptaan karya, penulis menggunakan metode pendekatan estetika dan menggunakan metode penciptaan berdasarkan teori SP Gustami yakni eksplorasi, perancangan, perwujudan. Pembuatan karya pada tugas akhir ini menggunakan teknik batik tradisional dengan menggunakan canthing, dan proses pewarnaan tutup celup, kain diwarna terlebih dahulu kemudian ditutup dengan malam, kemudian dicelup warna kedua dan seterusnya dan proses diakhiri dengan melorod kain. Hasil karya Tugas Akhir ini merupakan selendang, dengan jumlah delapan karya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Dosen Pembimbing: Suryo Tri Widodo , Rispul
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Tongkonan, Toraja, Batik
Subjects: Kriya > Kriya Tekstil
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Tekstil
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 08 Dec 2017 03:27
Last Modified: 08 Dec 2017 03:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2731

Actions (login required)

View Item View Item