Kajian Ilustrasi Bahan Ajar Masa Kolonial “Watjan Botjah”

Antonius Purwantono, 1012025024 (2017) Kajian Ilustrasi Bahan Ajar Masa Kolonial “Watjan Botjah”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab v pen.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Gambar (ilustrasi) yang terdapat di antara teks merupakan jalan untuk memahami teks tersebut secara lebih luas. Gambar dibuat tidak hanya untuk menarik minat membaca, namun juga memiliki hubungan inheren dengan teks, konteks, dan kontekstualitas. Pun mampu menerjemahkan sesuatu yang bersifat abstrak (wilayah bahasa/tekstual) menjadi sesuatu yang bersifat konkret (wilayah rupa) sekaligus memberikan pengalaman estetis bahkan imajinatif. Membicarakan ilustrasi Watjan Botjah tidak dapat terlepas dari dinamika sejarah pendidikan di Indonesia yang menjadi bagian dalam proses penciptaannya. Pada masa kolonial terdapat tiga sekolah Europese Lagere School (ELS), Hollandse Chinese School (HCS), dan Hollandse Inlandse School (HIS). Pada bahan ajar ketiga sekolah tersebut terdapat pola-pola ilustrasi yang digunakan berupa interaksi, peristiwa, latar, layout, properti, dan lain-lain. Dari sisi teknis, terdapat pola tertentu yang digunakan pada layout “Watjan Botjah” salah satunya adalah dari sudut pengambilan gambar, sedangkan gagasan yang terdapat di dalamnya dapat dilihat melalui hubungan tanda; hubungan simbolik, paradigmatik, dan sintagmatik yang terdapat pada elemen-elemen visual yang berupa busana, tempat tinggal, kelengkapan rumah tangga dan gaya hidup. Baik sisi teknis maupun non teknis berkaitan erat dengan wacana sejarah pendidikan di Indonesia pada masa itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Antonius Purwantono, 1012025024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Prayanto W.H. , Fx. Widyatmoko
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi, Bacaan Anak, Pendidikan, Kolonial Sejarah
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 11 Dec 2017 03:17
Last Modified: 11 Dec 2017 03:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item