Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Karya Tugas Akhir Mahasiswa Disain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Andi Haryanto, 19801125 200812 1 003 and Novi Mayasari, 19820405 200604 2 001 (2014) Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Karya Tugas Akhir Mahasiswa Disain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (684kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Nasionalisme merupakan paham yang meletakkan kesetiaan tertinggi individu kepada negara dan bangsanya, dengan maksud bahwa individu sebagai warga negara memiliki suatu sikap atau perbuatan untuk mencurahkan segala tenaga dan pikirannya demi kemajuan, kehormatan dan tegaknya kedaulatan negara dan bangsa. Paham nasionalisme atau paham kebangsaan adalah sebuah situasi kejiwaan dimana kesetiaan seseorang secara total diabadikan langsung kepada negara bangsa atas nama sebuah bangsa. Saat ini nasionalisme bangsa Indonesia sedang menghadapi suatu tantangan besar besar dari peradapan baru yang bernama globalisasi.. Hal ini ditunjukkan dengan gejala-gejala yang muncul dalam kehidupan sehari-hari anak muda sekarang dari cara berpakaian banyak dari mereka yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya barat. Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan, padahal cara berpakaian tersebut jelas-jelas tidak sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia yang menganut budaya ketimuran. Melihat kondisi tersebut peneliti sangat tertarik ketika melihat karya Tugas akhir Mahasiswa Disain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia, dimana banyak dari karya Tugas akhir mahasiswa tersebut memuat nilai-nilai nasionalisme serta dapat menjadi media untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme pada masyarakat bahkan sejak dini. Karya-karya mahasiwa Disain Komunikasi Visual ini sangat menarik karena pembelajaran nilai-nilai nasionalisme tidak hanya terwujud secara tekstual namun disajikan dengan media yang bervariatif seperti film animasi, buku ilustrasi serta poster. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antarfenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah. Data yang peneliti peroleh baik melalui penelitian kepustakaan maupun penelitian lapangan akan di analisis secara deskriptif-kualitatif. Penelitian deskriptif melakukan analisis hanya sampai taraf deskripsi, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme, Disain, Komunikasi Visual
Subjects: Karya Dosen
Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 20 Dec 2017 02:38
Last Modified: 20 Dec 2017 02:38
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2796

Actions (login required)

View Item View Item