A. Gathut Bintarto T., 197409042006041001 (2014) Strategi Pembelajaran Praktik Individual Vokal Klasik Melalui Rencana Dan Pelaporan Target Belajar Di Jurusan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.
|
Text
bab 1.pdf Download (717kB) | Preview |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
||
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
||
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
||
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) | Request a copy |
||
|
Text
bab 6.pdf Download (687kB) | Preview |
Abstract
Upaya efektifitas pada pendidikan tinggi seni meliputi berbagai hal yang melibatkan aspek peningkatan kognitif maupun ketrampilan. Pembelajaran olah vokal Klasik Barat di Jurusan Musik, FSP, ISI Yogyakarta memiliki beberapa tantangan yaitu waktu studi yang relatif pendek, kompleksitas latar belakang musik dengan cara pengolahan instrument yang khas melibatkan sedikitnya 4 bahasa asing (bahasa Italia, Inggris, Jerman dan Perancis), organ vokal yang tidak dapat dilihat dan perlu modifikasi serta proses adaptasi mahasiswa pada sistem pembelajaran di perguruan tinggi membawa pada suatu pemikiran mengenai strategi belajar yang efektif menggunakan rencana dan laporan target belajar. Hal tersebut disadari pula sebagai suatu bagian untuk menciptakan alat bantu bagi pembimbing (dosen) meningat semakin banyaknya jumlah mahasiswa yang harus dilayani. Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan yang dinamakan action research (riset tindakan) untuk menemukan sebuah strategi belajar yang tepat bagi mahasiswa yang mengambil kuliah praktik vokal. Melalui suatu riset tindakan berdasarkan pendekatan mengenai sifat suara yang sangat individual dengan jenis suara yang masih terbagi berdasarkan wilayah jangkauan nada (Sopran, Mezzo Sopran, Alto untuk putri dan Tenor, Bariton serta Bass untuk putra) dan pembentukan pribadi penyanyi melalui pengolahan emosinya ditemukan berbagai aspek yang dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran. Beberapa aspek yang dapat ditemukan di lapangan adalah kekhasan karakter suara yang dalam beberapa segi perlu dibentuk sedemikian rupa sehingga terdengar merdu dari sisi pendengaran pembimbing. Aspek tersebut menyangkut aspek lain yang perlu dikembangkan oleh mahasiswa yaitu mengenai sensasi yang ditimbulkan pada saat suaranya terdengar merdu oleh pembimbing dan sensasi tersebut yang kemudian akan dikembangkan dan diingat. Penggunaan form rencana dan laporan target belajar membantu dalam memantau perkembangan ketrampilan dalam hitungan birama per birama. Evaluasi mengenai hasil belajar mahasiswa dapat diberikan dengan lebih detil dan akurat baik dari sisi bidikan nada, ritmis maupun dalam pelafalan syair sehingga meningkatkan sikap percaya dirinya dalam bernyanyi. Akurasi tersebut berpengaruh terhadap perubahan sikap dan emosi dalam belajar serta mengantisipasi materi baru termasuk didalamnya tanggung jawab untuk menggunakan waktu secara efektif agar target hafalan lagu tercapai. Dampak positif yang kemudian terlihat jelas adalah penggunaan strategi tersebut meringankan tugas pemantauan dosen, mahasiswa terbantu untuk mengangsur materi dan dapat melatihnya lebih seksama dan sekaligus mengantisipasi kebiasaan menunda ujian karena persiapan yang mereka lakukan lebih dari sekedar cukup untuk membuat mereka tampil yakin dan percaya diri.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Uncontrolled Keywords: | strategi belajar, riset tindakan, rencana belajar, laporan individual | ||||
Subjects: | Seni Musik | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 20 Dec 2017 08:20 | ||||
Last Modified: | 20 Dec 2017 08:20 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2814 |
Actions (login required)
View Item |