Ncibohan

Gita Indah Hapsari, 1311450011 (2017) Ncibohan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab iv pen.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Other (karya)
karya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (1GB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

“Ncibohan” adalah koreografi kelompok yang berpijak pada kesenian Cokek. Dalam sejarah kesenian Betawi, Cokek merupakan salah satu hiburan unggulan. Selain luas penyebarannya juga dengan cepat banyak digemari masyarakat Betawi kota sampai warga Betawi pinggiran. Hampir tiap diselenggarakan pesta hiburan seperti perayaan perjamuan hajatan perkawinan maupun pesta sunatan, para penari cokek mempertunjukan kepiawaiannya menari sambil menyanyi. Keterampilan penari dalam menari dan menyanyi dengan suara merdu yang diiringi alunan musik Gambang Kromong merupakan karakteristik yang menarik dan unik untuk ditonton. Jadi antara lagu dan musik benar-benar tampil selaras. Tidak disebutkan sejak kapan jenis tarian Cokek muncul ke masyarakat. Tidak disebutkan pula secara jelas siapa tokoh atau pelaku pertama yang memperkenalkan tarian egol-egol sembari menggoyangkan pinggulnya yang kenes. Tentulah ada kegenitan lain yang dimunculkan oleh para penari tersebut untuk menarik lawan jenisnya, ditambah kerlingan mata sang penari yang indah memikat para tamu lelaki untuk ikutan ngibing. Dalam penciptaan karya tari yang berjudul “Ncibohan” menceritakan alur dramatik dari sisi kehidupan penari Cokek yang penuh dengan penyesalan. Melalui gerak-gerak dasar tari Betawi dalam bentuk koreografi baru yaitu koreografi kelompok enam penari perempuan dan empat penari laki-laki, dengan menggunakan karakter tradisi Betawi yang dinamis. Iringan musik yang digunakan adalah live music yang berpijak pada kesenian Gambang Kromong yang dikembangkan melalui penambahan instrumen alat seperti bass, kecapi dan biola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Dosen Pembimbing: Y. Subawa , Erlina Pantja S
Uncontrolled Keywords: Koreografi kelompok, kehidupan penari cokek, Betawi
Subjects: Tari > Penciptaan Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan)
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 11 Jan 2018 01:58
Last Modified: 11 Jan 2018 01:58
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2878

Actions (login required)

View Item View Item