Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music

Stefhani Theora M, 1011505013 (2017) Penerapan Metode Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Pada Anak Usia 6 – 8 Tahun Di Antonio School Of Music. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab iv pen.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi Stephanie Theora.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Musik memiliki peran penting dalam Pendidikan anak. Musik juga menjadi salah satu media untuk pembelajaran di sekolah untuk anak-anak karena bisa membangun suasana menjadi lebih ceria dan menyenangkan. Banyak sekolah yang sudah memperhatikan hal ini. Selain sekolah musik formal, ada juga lembaga non formal dengan bentuk les privat, salah satu lembaga pendidikan musik non formal adalah Antonio School of Music. Sebagian besar siswa di Antonio School of Music adalah anak-anak pada kelas kursus vokal yang berbeda karakter suara, kemampuan musikal, sifat dan Antonio School of Music belum meiliki kurikulum paten pada pembelajaran vokal. Metode menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan musikal siswa-siswi tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode solfegio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran metode solfegio dalam pembelajaran vocal pada anak usia 6-8 tahun dan kendalanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah penerapan metode solfegio dalam proses belajar bernyanyi selama 8 kali pertemuan, siswa di Antonio School of Music sudah dapat bernyanyi dengan lebih baik, dapat membidik nada, mudah mencerna dan memahami materi lagu baru tanpa banyak kesulitan. Metode ini adalah hal baru yang menjadikan proses pembelajaran vokal lebih menyenangkan dan mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Stefhani Theora M, 1011505013UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Josias T Adriaan , Suryati
Uncontrolled Keywords: Solfegio, Pembelajaran Vokal, Antonio School of Music
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:01
Last Modified: 11 Jan 2018 04:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2880

Actions (login required)

View Item View Item