Penciptaan Tari Manggala Kridha Sebagai Media Ungkap Pembentukan Karakter Bagi Anak-Anak Tahun Ke II (2015) Dari 2 Tahun

Supriyanti, 196201091987032001 and D. Suharto, 19590523198611001 (2015) Penciptaan Tari Manggala Kridha Sebagai Media Ungkap Pembentukan Karakter Bagi Anak-Anak Tahun Ke II (2015) Dari 2 Tahun. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 7.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Dunia tari anak tampaknya belum optimal dikembangkan sebagai media ungkap pembentukan karakter anak, sehingga kreativitas anak sejak dini belum dipandang penting untuk diasah dan diberi ruang gerak dalam mengekspresikan kebebasan kreatif untuk berpikir secara konstruktif agar anak didik tumbuh kembang secara optimal lahir dan batinnya.. Lewat pendidikan seni tari anak didik dapat membangun kreatifitas, sensori motorik yang terkait dengan keterampilan teknik, dan kerjasama antar individu dalam berkesenian. Usia dini anak merupakan periode awal proses belajar untuk mendapatkan berbagai macam pengalaman pribadi yang ikut menentukan karakter anak. Oleh karena itu, dipandang penting sejak dini anak diberi bekal pengetahuan dan keterampilan seni untuk mengembangkan kreativitasnya, sehingga anak tidak terjebak dengan dominasi logika praktis yang bersifat materialistis dan matematik. Dalam kehidupan dunia pendidikan, seni tari memiliki peran penting dalam pembentukan karakter pribadi, terutama pendidikan budi pekerti yang menyangkut etika (nilai sopan santun, tutur bahasa), estetika (wiraga, wirama, dan wirasa), dan spiritual yang dilandasi nilai filosofis sawiji, greget, sengguh, dan ora mingkuh. Karya tari anak yang bertema perjuangan diharapkan mampu memberi inspirasi bagi peserta didik agar menjadi teladan bagi anak-anak sebayanya. Dasar-dasar pembentukan karakter ini perlu ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari agar anakanak memiliki rasa hormat dan tanggung jawab secara individu dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan model gerakan tari yang sesuai dengan kemampuan fisik dan jiwa anak-anak usia 5-6 tahun, terutama spirit olah fisik keterampilan pemimpin. Desain gerak dibuat lincah dan ceria yang dapat mengesankan nuansa rasa gembira dan menyehatkan tubuh. Target yang akan dicapai adalah kemampuan fisik dan perasaan anak-anak untuk dapat memainkan gerak-gerak tari Manggala Kridha dengan trampil dan rasa gembira ria. Wujud perancangan berupa : (1) Komposisi tari khusus untuk anak-anak, (2) Kaset CD untuk pembelajaran, dan (3) Model penyajian. Metode sosialisasi kepada guru-guru PAUD dan anak-anak dimaksudkan agar terjadi komunikasi dan interaktif dalam menumbuhkan sikap positif untuk membangun kesadaran kreatif dan produktif. Bagi anak-anak susunan gerak-gerak yang mudah dimengerti dan dilakukan oleh anak, serta menstransformasikan gerak-gerak kepada anak-anak secara lugas, energik, dinamis, dan humoris, merupakan aktualisasi dan refleksi dunia bermain. Pembuatan buku panduan praktik mengajar tari dipandang strategis dalam proses belajarmengajar seni tari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: tari anak, kreativitas, perilaku, kridha
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian)
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 12 Jan 2018 00:37
Last Modified: 12 Jan 2018 00:45
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2882

Actions (login required)

View Item View Item