Agatha Irena Praditya, 1311474011 (2017) Adhidaiva. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
bab i.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) | Request a copy |
||
Text
bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab iv pen.pdf Download (730kB) | Preview |
|
|
Text
naskah publikasi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Other (foto)
Foto Permentasan.rar Restricted to Repository staff only Download (45MB) | Request a copy |
||
Other (video)
Video.rar Restricted to Repository staff only Download (69B) | Request a copy |
Abstract
Maria mengalami dukacita yang begitu dalam saat bersama putranya, Yesus Kristus,ketika Yesus dijatuhi hukuman mati demi menebus dosa umat manusia. Maria telah mengertibahwa hidup putranya akan dikurbankan demi keselamatan dunia. Namun demikian iamelihat secara lebih jelas mengenai sengsara dan wafat yang menanti putranya. Maria denganketenangan yang luar biasa menerima nubuat bahwa putranya harus mati. Ia senantiasaberserah diri dalam damai, namun alangkah hebatnya dukacita yang dideritanya. Maria yangmerasakan putranya selalu ada di dekatnya, mendengar sabda kehidupan kekal dari-Nya danmenyaksikan perilaku-Nya yang kudus, harus menyaksikan kematian putranya yangmenyayat.Dalam penciptaan karya Tugas Akhir berjudul “Adhidaiva” ini, dasar pemikiran yangmenjadi kerangka penciptaan adalah cara Maria menyikapi kisah sengsara yang dialamiputranya. Karya ini dikemas dengan menggunakan alur cerita yang diawali daripengkhianatan Yudas Iskhariot kepada Yesus hingga pada akhirnya wafat di kayu salib.Seluruh adegan ini dimaksudkan untuk menunjang penonjolan dukacita yang dialami Maria.Berdasarkan alur tersebut, tipe tari dalam karya ini adalah dramatik dan dramatari denganmenggunakan cara ungkap simbolis.Berdasarkan ketertarikan penata dengan sikap Maria, penata menciptakan karya denganmenonjolkan dukacita Maria yang dikemas sesuai dengan tradisi yang melekat pada diripenata yaitu tradisi Jawa terutama tari klasik gaya Yogyakarta. Karya ini menggunakanmedia gerak yang berpijak pada gerak tari golek menak gaya Yogyakarta yang kemudiandikembangkan dan dipadukan dengan pengolahan gerak ekspresif menurut kebutuhan cerita.Karya tari ini ditarikan oleh empat orang laki-laki dan empat orang perempuan untukmenyimbolkan empat dukacita yang dialami Maria selama kisah sengsara menimpa Yesus.Perpaduan unsur nilai-nilai Nasrani dengan budaya Jawa ini memberikan inspirasi penatauntuk menggunakan iringan yang disajikan secara langsung yang disusun dandikomposisikan untuk mendapatkan suasana dukacita Maria. Karya ini diharapkanmemberikan pemahaman lebih terhadap dukacita Maria dibalik kisah sengsara Yesus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Sumaryono , Tutik Winarti | ||||
Uncontrolled Keywords: | Dukacita, Maria, Menak | ||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 11 Apr 2018 04:40 | ||||
Last Modified: | 11 Apr 2018 06:59 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3042 |
Actions (login required)
View Item |