Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek”

Miftah Afif Mahmuda, 0911920024 (2014) Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek”. Skripsi thesis, Televisi ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I Miftah.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB II Miftah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III Miftah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] Text
BAB IV Miftah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Miftah.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Lampiran Miftah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)

Abstract

Gaya hidup bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Gaya hidup sebagai referensi kebudayaan modern memberikan pengaruhnya terhadap visualisasi iklan televisi Tri Indie+ versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek”. Penampilan visual iklan yang didominasi oleh gemerlap kota metropolitan mengacu pada modernitas gaya hidup masyarakat Indonesia. Faktor konsumtivisme dalam gaya hidup modern masyarakat Indonesia, dimunculkan dalam gaya fashion, pemilihan setting, properti dan tentu saja, talent yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana gaya hidup modern masyarakat Indonesia memberikan pengaruhnya terhadap visualisasi iklan televisi Tri Indie+ versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek” melalui objek-objek yang dapat merepresentasikan konsumtivisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan realita gaya hidup modern pada anak muda Indonesia, dan kemudian mencari pengaruhnya terhadap visualisasi iklan. Kajian penelitian ini akan menggunakan pendekatan sosiologi desain untuk mencari makna di balik objek-objek gaya hidup modern dalam iklan. Dengan memahami makna sosial objek-objek tersebut, peneliti akan menjelaskan bagaimana visualisasi iklan terbentuk mengikuti realita gaya hidup dalam masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya pengaruh gaya hidup modern masyarakat Indonesia terhadap visualisasi iklan televisi Tri Indie+ versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek”. Visualisasi iklan yang muncul dipengaruhi oleh berbagai gaya fashion, gemerlap perkotaan, pusat perbelanjaan, alat transportasi, dan realita sosial kemasyarakatan di Indonesia. Gaya desain dalam iklan memberikan kesan dan mendeskripsikan kehidupan masyarakat yang sedang berlangsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 25 Nov 2014 01:59
Last Modified: 25 Nov 2014 01:59
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item