Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Sebagai Kampanye Pelestarian Bahasa Jawa Kota Yogyakarta Melalui Desain Komunikasi Visual

Vici Tiara Anjarsari, 0811690024 (2014) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Sebagai Kampanye Pelestarian Bahasa Jawa Kota Yogyakarta Melalui Desain Komunikasi Visual. Skripsi thesis, Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I Vici.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB II Vici.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB III Vici.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV Vici.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V Vici.pdf

Download (654kB)

Abstract

Kurangnya perhatian dari orangtua terhadap pendidikan bahasa Jawa di lingkungan keluarga harus ditingkatkan. Upaya pelestarian bahasa Jawa di lingkungan sekolah juga memang perlu disosialisasikan, mengingat saat ini ada gejala yang menunjukkan bahwa bahasa jawa akan ditinggalkan oleh penuturnya, terutama generasi muda di kota Yogyakarta. Gejala tersebut bisa terlihat bahwa sudah jarang sekali generasi muda sebagai pewaris budaya jawa yang memiliki kemampuan berbahasa (Jawa) secara memadai. Mereka pada umumnya "lari" menggunakan bahasa Indonesia sebagai kompensasinya. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Kampanye Sosial ini menggunakan metode pengumpulan data dengan kuisioner dan wawancara. Hasil dari metode tersebut nantinya akan memberikan dampak dan berlanjut pada aktivitas target audience. Kemudian dari data-data yang telah didapat dan akan memecahkan masalah komunikasi pesan dalam Iklan Layanan Masyarakat ini secara komunikatif, efisien, dan estetis. Melalui perancangan ini, dapat membuka wawasan bagaimana mendekatkan diri dan mempelajari perilaku dari Target Audience yang ada di Kota Yogyakarta. Target Audience dijadikan sumber utama dalam melakukan analisis untuk mewujudkan konsep media dan konsep kreatif dari media- media kampanye yang nantinya akan digunakan. Sehingga media- media yang terpilih dapat bersinergi dengan gaya hidup dan keseharian Target Audience. Perancangan kampanye sosial ini diharapkan dapat memberi alternatif pendekatan Iklan Layanan Masyarakat terutama masalah pelestarian bahasa Jawa kota Yogyakarta. Dengan adanya perancangan ini masyarakat diajak untuk berpikir dalam mencerna pesan yang disampaikan melalui cara yang berbeda yaitu memanfaatkan berbagai sisi dalam kehidupan yang ada dibenak masyarakat khususnya generasi muda jaman sekarang (insight). Pemakaian insight akan memudahkan target audience untuk mencerna pesan karena mereka bisa melihat diri mereka sendiri dalam pesan yang disampaikan lewat media-media yang digunkaan dalam bersosialisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 25 Nov 2014 05:06
Last Modified: 25 Nov 2014 05:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item