Pengkajian Strategi Komunikasi Visual Pada Event Pinasthika Creative Festival Award 2012 Dan 2013

Hendi Ciputra, 0711572024 (2014) Pengkajian Strategi Komunikasi Visual Pada Event Pinasthika Creative Festival Award 2012 Dan 2013. Skripsi thesis, Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I Hendy.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB II Hendy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB III Hendy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB IV Hendy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB V Hendy.pdf

Download (399kB)

Abstract

Dalam sebuah perencanaan event kreatif, sangat di tuntut untuk dapat menciptakan sesuatu yang berbeda daripada yang lainnya, dalam prosesnya sebuah desain promo event dibutuhkan untuk menarik minat target audience. Untuk mencapai itu dibutuhkan sebuah strategi kreatif yang bisa dikemas dalam strategi komunikasi visual untuk desainnya, dimana sebuah desain bukan hanya di tuntut menampilkan visual yang bagus saja, tetapi bisa mengkombinasikan elemen–elemen desain untuk menjadi kesatuan visual yang mempunyai pesan didalamnya untuk menarik minat bagi yang melihatnya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, yaitu di mana data yang dikumpulkan adalah berupa data-data hasil studi pustaka,wawancara dan karya visual dalam desain promo event Pinasthika Creative Festival di tahun 2012 dan tahun 2013, yang seluruh desain di setiap event mempunyai karakter dan pesan-pesan di dalamnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap aplikasi desain promo dalam tiap-tiap event mengandung pesan-pesan strategi kreatif yang dikemas dalam kesatuan visual yang mencerminkan tema event di tiap tahunnya. Terdapat sesuatu terobosan yang menarik dalam mengelola sebuah event yang sifatnya berkala ini, dimana dalam menentukan tema untuk setiap tahun penyelenggaraannya khususnya di tahun 2012 dan 2013 ini, masih memiliki benang merah sehingga target audiensi seperti diajak untuk selalu bisa bercerita tentang perkembangannya, semua itu tersaji dan di wakili dengan aplikasi desain promo eventnya. Teks memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap unsur-unsur pesan lainnya dalam usaha menjelaskan strategi yang disampaikan. Setiap desain promo event menyampaikan strategi komunikasi sebagai identitas yang mewakili dari tema event

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Hendi Ciputra, 0711572024UNSPECIFIED
Department: Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 28 Nov 2014 06:42
Last Modified: 28 Nov 2014 06:42
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item View Item