Desain Animasi Pocoyo dan Anak Penyandang Autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual

Rifqa Army, 1212218024 (2018) Desain Animasi Pocoyo dan Anak Penyandang Autisme: studi kasus desain animasi pocoyo untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Autisme adalah gangguan perkembangan yang salah satunya ditandai dengan keabnormalan pada fungsi bahasa dan komunikasi. Ciri khusus anak penyandang autisme adalah memiliki orientasi pada elemen visual dan candu dengan gerakan, sehingga animasi dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Desain animasi menjadi faktor penting dalam keberhasilan anak penyandang autisme untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada dua anak penyandang autisme di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Tujuan penelitian untuk menguji desain animasi Let’s Go Pocoyo! episode Cooking with Elly untuk membantu anak penyandang autisme mengidentifikasi objek visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain animasi Let’s Go Pocoyo! episode Cooking with Elly dapat digunakan sebagai media pembelajaran anak penyandang autisme untuk mengidentifikasi objek visual. Akan tetapi, ada beberapa desain animasi yang perlu memperhatikan prinsip clarity untuk meningkatkan kemampuan anak penyandang autisme dalam mengidentifikasi objek visual. Pembelajaran juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan dari anak penyandang autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Rifqa Army, 1212218024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI yogyakarta
Additional Information : 1. Sumbo Tinarbuko 2. Andika Indrayana
Uncontrolled Keywords: desain, animasi, anak penyandang autisme, kemampuan identifikasi objek visual
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:33
Last Modified: 10 Aug 2018 08:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3567

Actions (login required)

View Item View Item