Medombo

Enggar Trisnawati Yudhiono, 1211430011 (2018) Medombo. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (962kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Video (KARYA)
KARYA.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (1GB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Medombo adalah judul dari karya yang menunjuk pada konsep dasar pada prosesi ritual Mamang yang diwujudkan kedalam sebuah koreografi kelompok. Medombo diambil dari bahasa asli suku Paser. Dalam bahasa Paser, Medombo artinya menaikkan. Medombo yang dimaksudkan adalah rangkaian awal pada elemen penting yang terdapat pada ritual Mamang yaitu ritual mengawinkan bibit padi guna menghasilkan bibit padi unggul dengan meminta jasa Mulung dan Penggading mengawinkan padi layaknya sepasang kekasih. Karya tari ini menggunakan tipe tari dramatik dengan mengangkat suasana prosesi dalam ritual Mamang. Berkaitan dengan konsep, pilihan bentuk karya dan tema yang dipilih adalah prosesi ritual Mamang, merupakan upacara yang dilaksanakan pada penggarapan padi dalam sistem ladang berpindah. Koreografer memvisualisasikan sebuah karya koreografi kelompok dengan penari yang berjumlah sepuluh orang penari terdiri dari lima penari laki-laki terbagi menjadi tiga orang penari laki-laki sebagai peladang laki-laki dan dua orang penari laki-laki sebagai simbolisasi padi dan Mulung atau dukun, serta lima penari perempuan terdiri dari tiga orang penari perempuan sebagai peladang perempuan dan dua orang penari perempuan sebagai Dewi Sri kesuburan/simbolisasi padi dan Penggading/Itak Pare atau pembantu dukun. Bentuk penyajian dalam karya ini adalah simbolis representasional dengan menggunakan properti tari berupa gelang atau gitang sebagai pendukung suasana sakral dan penyampaian pesan pada ritual tersebut. Penggunaan properti gitang dikomposisikan dengan memperhatikan aspek ruang, waktu dan tenaga pada karya ini. Keberhasilan karya ini didukung oleh banyak pihak dan elemen-elemen yang mempengaruhi diantaranya musik, artistik, pencahayaan, tata suara serta rias dan busana. Kata kunci : Medombo; koreografi kelompok; Paser

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Enggar Trisnawati Yudhiono, 1211430011UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Raja Alfirafindra; Erlina Pantja S.
Uncontrolled Keywords: Medombo; koreografi kelompok; Paser
Subjects: Tari > Penciptaan Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan)
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:28
Last Modified: 04 Oct 2018 03:28
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3778

Actions (login required)

View Item View Item