Alep Ing Ngeruji

Asri Dwi Hapsari, 101 1307 011 (2014) Alep Ing Ngeruji. Skripsi thesis, Seni Tari ISI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I Asri.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II Asri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img] Text
BAB III Asri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)
[img] Text
BAB V Asri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV Asri.pdf

Download (30MB) | Preview
[img] Text
Lampiran Asri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58MB)

Abstract

Alep ing Ngeruji merupakan judul dari garapan penata. Alep Ing Ngeruji jika diartikan secara definitif menjadi nilai keindahan dalam bentuk tangan ngeruji. Ngeruji itu sendiri merupakan suatu gerak tangan tari klasik gaya Yogyakarta yang telah menginspirasi dan menyulut hasrat penciptaan penata. Nilai-nilai yang penata dapatkan ketika menilik ngeruji dari objek menjadi subjek justru di luar pemikiran awal. Ngeruji secara maknawi menyeret beberapa nilai yang cenderung oposisioner atau singkatnya kontradiktif. Sebut saja bentuk lentik sekaligus kokoh, kelembutan sekaligus ketegasan, hal yang mikro juga makro menjiwai garapan tersebut. Ngeruji dalam karya ini tidak lagi dibahasakan (sebatas) pergelangan tangan, tetapi tubuh yang ngeruji. Garapan Tugas Akhir ini adalah transformasi koreografi III yang pernah penata gagas sebelumnya. Namun demikian, tidak berarti bahwa penata hanya ‘mengemas ulang’ garapan sebelumnya. Pemetaannya juga berlainan, dalam arti bahwa garapan kali ini merupakan metamorfosis gagasan sebelumnya (Baca: koreografi III). Gagasan, artikulasi bentuk garapan, dan komposisi tarinya sangat berseberangan. Pada koreografi III yang telah lalu, penata murni berbicara ngeruji sebagai ngeruji, sedangkan dalam Tugas akhir ini, segala sisinya diformat ulang. Dimensi ide, komposisi tari, dan maknanya sarat dengan ‘pembaharuan’. Pada dasaran awal ngeruji direpresentasikan sebagaimana khalayak memahaminya (fokus eksplorasi terpusat pada pergelangan tangan) sedangkan dalam garapan Tugas Akhir kali ini penata membesarkan fokus, barangkali juga mewadahi pembesaran makna (?), dengan jalan tubuh menjadi fokus eksplorasi guna membahasakan ngeruji itu sendiri dalam kecenderungan simbolik representasional. Kata Kunci: Ngeruji, Kontradiktif, Transformasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Tari > Penciptaan Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan)
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 24 Dec 2014 05:38
Last Modified: 24 Dec 2014 05:38
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item View Item