Gaya Visual Iklan Rokok Di Majalah: Ekspresi Gaya Hidup Dari Masa Kolonial Hindia Belanda Sampai Pasca Orde Baru (1925-2000)

Bedjo Riyanto, 1130088512 (2018) Gaya Visual Iklan Rokok Di Majalah: Ekspresi Gaya Hidup Dari Masa Kolonial Hindia Belanda Sampai Pasca Orde Baru (1925-2000). Doctoral thesis, PPS ISI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (925kB) | Preview
[img] Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metodologi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text
BAB V Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Menggunakan metodologi penelitian deskriptif analitis dengan teori utama sejarah sosial seni dan teori gaya hidup David Chaney, temuan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga periodisasi penting. Pertama, gaya visual Eklektisisme Modern Oriental yang merekam ekspresi gaya hidup hibriditas Indis yaitu: suatu modernitas semu gaya hidup hasil integrasi komunitas-komunitas masyarakat jajahan yang tersebar di Hindia Belanda (1925-1942). Iklan-iklan rokok waktu itu menyajikan dunia imajiner yang menggambarkan interaksi sosial harmonis berbagai lapisan sosial yang bertolak belakang dengan realitas sosial kehidupan masyarakat jajahan yang bersifat segregatif. Kedua, gaya visual Narasi Agraris Tradisional Informasi Produk yang merekam ambiguitas ekspresi gaya hidup dalam mencari bentuk Identitas Nasional di tengah berkobarnya semangat revolusi pada masa itu (1942-1966). Semangat mencari bentuk identitas nasional memperlihatkan ambiguitas gaya hidup yaitu menjadi Barat yang modern atau mempertahankan ketimuran sebagai warisan adiluhung masa lalunya. Ketiga, gaya visual Modern Internasional (International Style) yang merekam ambiguitas gaya hidup semu kosmopolitan modern kelas menengah konsumsi baru Indonesia di masa Orde Baru sampai awal Reformasi (1970-2000). Iklan rokok menjadi arena bagi kelas menengah baru Indonesia untuk mempromosikan gaya hidup konsumtif sebagai identitas modernitasnya

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Pascasarjana > S3 Penciptaan dan Pengkajian seni
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:50
Last Modified: 15 Nov 2018 07:50
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3884

Actions (login required)

View Item View Item