Kajian Post-Kolonialisme Pada Media Dalam-Ruang Di Jogja City Mall

Fatia Nurilmi Magistra, 1310077124 (2017) Kajian Post-Kolonialisme Pada Media Dalam-Ruang Di Jogja City Mall. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Jurnal Ilmiah TA Fatia Nurilmi Magistra.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Media-media di negara non-Barat memiliki tendensi untuk menggunakan berbagai elemen Barat sebagai efek dari sistem budaya yang mengagungkan Barat sebagai pusat kebudayaan. Hal ini bermanifestasi dalam berbagai media visual yang ada di Indonesia, sebuah negara yang terbentuk dari wilayah jajahan Belanda, tak terkecuali tempat macam pusat perbelanjaan, yang memang didesain untuk menjual barang dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mencoba mengamati media-media visual dalam ruang pada pusat perbelanjaan Jogja City Mall dari perspektif post-kolonialisme, sebuah sudut pandang yang melihat relasi antar kekuasaan, dan melihat apakah ada manifestasi dari post-kolonialisme berupa mimikri dan hibriditas pada media-media visual dalam-ruang tersebut. Manifestasi di sini adalah jauhnya kehadiran post-kolonialisme dalam media dalam-ruang serta pengaruh kehadiran fenomena post-kolonialisme tersebut. Media visual dalam-ruang dikaji dengan cara studi kasus, persisnya studi antarkasus, metode yang dipilih agar mampu mendalami objek dari banyaknya populasi media dalam-ruang mal. Hasil penelitian kemudian menunjukkan bahwa terjadi perilaku mimikri pada media dalam-ruang, yang bermanifestasi akibat konteks media yang berupa ruang konsumsi mal sebagai lokasi media tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Fatia Nurilmi Magistra, 1310077124UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Arif Agung Suwarsono, Wibowo
Uncontrolled Keywords: post-kolonialisme, iklan, media dalam-ruang, mal, mimikri, hibriditas
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 06 Dec 2018 08:40
Last Modified: 06 Dec 2018 08:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3925

Actions (login required)

View Item View Item