Musik video game Dragon Nest terhadap gerak tubuh para gamers dan pengaruhnya

Grace Aprilia Purba, 1111687013 (2018) Musik video game Dragon Nest terhadap gerak tubuh para gamers dan pengaruhnya. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Jurnal - Grace Aprilia Purba.pdf

Download (913kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Dragon Nest merupakan salah satu permainan online multiplayer menggunakan musik SFX sebagai pengiringnya yang berasal dari Korea. SFX merupakan singkatan dari sound effect atau dapat diartikan sebagai efek suara. Dalam perkembangan, game online saat ini banyak yang menggunakan musik SFX sebagai pengiringnya. Dragon Nest menggunakan Actuality recorded effect, efek suara ini merupakan efek suara yang diperoleh/direkam langsung di kancah/lokasi kejadian, dan dimanfaatkan sebagai efek suara pada saat rekaman misalnya suara kebisingan kendaraan, suara hentakan kaki, suara pukulan, suara tembakan senjata dan sebagainya. Efek suara secara khusus dapat memengaruhi emosi para pendengarnya, karena musik dalam emosi disepakati sebagai bagian dari komunikasi nonverbal. Karenanya setiap emosi memiliki bentuk ekspresi khusus yaitu sikap tubuh, nada suara, gerakan tarian atau ekspresi frasering (kalimat lagu) dalam musik. Emosi tersebut yang akan lebih banyak dibahas dalam penelitian ini. Selain itu Dragon Nest merupakan game yang sangat dinantikan dan diminati para gamers. Berangkat dari hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penenlitian game tersebut. Penelitian ini akan membahas bagaimana pengaruh musik SFX sebagai pengiring game tersebut, serta menguraikan alasan-alasan yang membuat game ini sangat diminati oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Grace Aprilia Purba, 1111687013UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Tri Wahyu Widodo
Uncontrolled Keywords: pengaruh, musik, SFX, emosi, game, Dragon Nest.
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 31 Jan 2019 01:33
Last Modified: 31 Jan 2019 01:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4002

Actions (login required)

View Item View Item