EUFEMISME VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM ANGGUR ORANG TUA

Eli Sugiarto, 1112150024 (2017) EUFEMISME VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM ANGGUR ORANG TUA. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I A.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V A.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (979kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Bermula dari billboard Anggur Orang Tua yang ada di belakang pasar Bringharjo Yogyakarta dengan copywrite: “kasih orang tua sepanjang masa takkan terbalas kapanpun juga”. Iklan outdoor tidak mempersuasi secara gamblang pemirsa, malahan iklan terlihat seperti iklan sosial. Strategi visual seperti itu juga ditemukan dalam official Instagram Anggur Orang Tua (@anggur_ot). Pengalihan dilakukan untuk tujuan penghalusan atau dalam penelitian ini disebut eufemisme visual. Dari latar belakang tersebut dirumuskan masalah “seperti apa eufememisme visual diaplikasikan pada postingan-postingan Instagram Anggur Orang Tua?” Dari galeri postingan-postingan Instagram @anggur_ot dipilih tiga sampel sebagai bahan analisa. penelitian ini menggunakan analisis narasi dari Jane Stokes untuk membeda sampel visual dan mengetahui seperti apa eufemisme visual diaplikasikan. Hasil analisis ketiga sampel mengaplikasikan eufemisme visual dengan bentuk metafora pada sampel satu,dua; dan sampel tiga memanfaatkan bentuk parifrasis. Pada sampel satu dan dua memanfaatkan metafora tokoh orang tua untuk mewakili brand dan makna orang tua secara literal. Sampel tiga memanfaatkan perifrasis untuk mencitrakan ulang image brand Anggur orang tua dari produk minuman kesehatan ke produk untuk minuman memperoleh efek memabukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Eli Sugiarto, 1112150024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Petrus Gogor Bangsa Terra Bajraghosa
Uncontrolled Keywords: eufemisme visual, eufemisme, postingan, anggur orang tua, instgram
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:17
Last Modified: 08 Feb 2019 07:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item