Eli Sugiarto, 1112150024 (2017) EUFEMISME VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM ANGGUR ORANG TUA. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I A.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II A.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III A.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV A.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V A.pdf Download (598kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
JURNAL.pdf Download (979kB) | Preview |
Abstract
Bermula dari billboard Anggur Orang Tua yang ada di belakang pasar Bringharjo Yogyakarta dengan copywrite: “kasih orang tua sepanjang masa takkan terbalas kapanpun juga”. Iklan outdoor tidak mempersuasi secara gamblang pemirsa, malahan iklan terlihat seperti iklan sosial. Strategi visual seperti itu juga ditemukan dalam official Instagram Anggur Orang Tua (@anggur_ot). Pengalihan dilakukan untuk tujuan penghalusan atau dalam penelitian ini disebut eufemisme visual. Dari latar belakang tersebut dirumuskan masalah “seperti apa eufememisme visual diaplikasikan pada postingan-postingan Instagram Anggur Orang Tua?” Dari galeri postingan-postingan Instagram @anggur_ot dipilih tiga sampel sebagai bahan analisa. penelitian ini menggunakan analisis narasi dari Jane Stokes untuk membeda sampel visual dan mengetahui seperti apa eufemisme visual diaplikasikan. Hasil analisis ketiga sampel mengaplikasikan eufemisme visual dengan bentuk metafora pada sampel satu,dua; dan sampel tiga memanfaatkan bentuk parifrasis. Pada sampel satu dan dua memanfaatkan metafora tokoh orang tua untuk mewakili brand dan makna orang tua secara literal. Sampel tiga memanfaatkan perifrasis untuk mencitrakan ulang image brand Anggur orang tua dari produk minuman kesehatan ke produk untuk minuman memperoleh efek memabukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Petrus Gogor Bangsa Terra Bajraghosa | ||||
Uncontrolled Keywords: | eufemisme visual, eufemisme, postingan, anggur orang tua, instgram | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | sri SE endarti | ||||
Date Deposited: | 08 Feb 2019 07:17 | ||||
Last Modified: | 08 Feb 2019 07:17 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4042 |
Actions (login required)
View Item |